Fungsi Reed Valve Pada Motor 2 Tak

click here


Assalamu’alaikum.
Haaayy…….. Sobat bikerz, nubie warung pinggiran pengen bahas soal membran nie, bagi para enthusiast 2stroke pasti paham fungsi dan cara kerja dari membran tersebut, bahkan ada yang diganti dengan bahan carbon biar performa mesin enteng dan makin ngacir tuch motor. Eeiittzzz….. Bukan membran sel ya tapi membran pada motor 2 langkah alias 2tak. Membran atau bahasa Londo ne Reed Valve atau bahasa lainnya katup buluh atau katup harmonika merupakan salah satu bagian vital dari kendaraan 2tak pada umumnya.
Reed valve atau katup buluh ini sangat peka terhadap pengaruh dari luar. Reed vave atau katup buluh atau katup harmonika hanya dipergunakan pada mesin dua langkah. Tetapi tidak semua mesin dua langkah menggunakan katup harmonika ini. seperti pada mesin sepeda motor Vespa tidak menggunakan katup Reed Valve, melainkan jenis lain. Klep harmonika berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas bensin dari karburator ke ruang engkol. Reed valve dipasangkan pada saluran masuk sepeda motor. Letaknya adalah setelah karburator bila dilihat dari arah gas baru masuk.

Naahhh….. Cara kerja membran atau katup harmonika ini sendiri ialah pada saat piston naik dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas) pada saat itu katup membran terbuka sehingga membuat bahan bakar masuk ke ruang karter. Sebaliknya pada saat piston turun dari TMA menuju ke TMB katup membran akan menutup bahan bakar yang nantinya diteruskan ke ruang bakar untuk dipantik api busi.
Soo….. Bagi pemilik motor 2 langkah kudu rutin memperhatikan kondisi katup buluh atau membran tersebut. Ibaratnya hidung pada manusia klo ndak bersih tentu akan tersumbat begitu pula bila lidah membran sudah aus tentu tarikan motor akan ngempos alias tak bertenaga.
okee…. Sobat bikerz, bagi yang lebih paham monggo silahkan ditambahkan dan terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari serta ingat jangan lupa bahagia.
wassalamu’alaikum.

1 Trackback / Pingback

  1. Mari Kita Berkelana Dengan Suzuki TS 100 Series Motor Trail Pertama Suzuki Di Indonesia – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.

go to site

*

*


source site