Honda LS 125 Si Mungil Dengan Performa Garang


Assalamu’alaikum.
Haaayyyy……… Sobat bikerz, setelah kemaren bahas Honda Nova Dash 125. Sekarang pengen bahas 2tak dari Klan Honda lagi nie sobat bikerz, bahasan kali ini tentang sport 125cc sobat bikerz. Honda LS 125 sejak pertama kali kemunculannya ditahun 1995 akhir, motor ini memang mengundang euforia massa dipasar domestik negeri Gajah Putih. Yang walaupun banyak yang menganggap spek downnya NSR 125, tetapi jika diperhatikan secara seksama Honda LS 125 masih sedarah dengan Honda Nova Dash RS 125. Namun begitu Honda LS 125 tetaplah motor 2 stroke yang begitu menggoda untuk dikendarai. Masuk ke Indonesia pada periode awal tahun 2000 hingga 2005, keberadaannya sulit untuk terdeteksi dikarenakan sepeda motor ini masuk melalui jalur importir umum dan tidak sebanyak Honda NSR 150 SP, jadi bisa dikatakan motor ini termasuk kategori rarebike dengan populasi yang tak banyak.
Secara desain Honda LS 125 ini merupakan tipe City Sport dengan tampilan bodi yang slim plus ditunjang dengan bobotnya yang ringan hanya 96.7kg tentu akan sangat mudah dikendarai, tercipt bagi rider pemula dan kawula muda pada masa itu sobat bikerz. Selain itu ergonomi riding yang tidak terlalu menunduk membuat motor ini nyaman digunakan untuk kendaraan sehari-hari. Suspensi depan teleskopik dipadu dengan velg ring 17 inch serta discbrake dan velg belakang pun telah menggunakan discbrake juga, bayangin aja motor kencang pake tromol bisa bahaya sobat bikerz hehehehehehe…….. 😆 oiyaa…. velg nya kini banyak menjadi buruan lho bagi para penyuka kecepatan khususnya 2 tak karna ketahanannya dan bobotnya yang ringan. Suspensi belakang sudah menggunakan monshock menjadikan kestabilan motor ini lebih terjaga.

Dengan dibekali mesin berkubikasi 125cc single silinder berpendingin cair alias Liquid cooled, reed valve, kemudian bore x stroke 55 x 52mm yang sama persis denganHonda Nova Dash RS 12 , maka Honda LS125 bisa dikategorikan sebagai motor berteknologi sederhana, serta minus RC Valve Yang terkenal pada NSR Series. Tapi jangan salah nie sobat bikerz dengan kesederhanaannya tersebut, motor 2 tak ini tetaplah 2 tak yang pasti menyimpan sifat liar tersembunyi untuk bisa dimuntahkan daya yang besar, jika si rider siap dengan throtle untuk dibetot. Bukti keliaran dari motor ini dapat sobat bikerz lihat dari besarnya daya kuda yang dihasilkan yakni sebesar 24hp pada rentang 9.000rpm lebih besar dari Honda Nova Dash RS125, serta bobotnya yang ringan 96.7kg torsi puncak menembus 1,97 kgf-m pada putaran 8.000 rpm.
Kompresi yang cukup rapat yaitu 7:1. Tenang saja dengan kompresi segitu masih aman untuk menenggak premium, tapi jelas perangkat pengkabutan Keihin PE24 akan terasa mubajir dalam mengoptimalkan campuran bahan bakar keruang bakar. Gejala ngelitik, serta power tidak tersalur sempurna walaupun percepatan sudah menyentuh gigi 6, merupakan jawaban pasti dari pemakaian bahan bakar bertimbal. jadi untuk lebih amannya gunakan bbm dengan RON 92 keatas sobat bikerz, dijamin tarikan lebih njengat, ruang bakar lebih bersih dari kerak timbal bahan bakar dan yang jelas umur mesin lebih awet.

Berikut spesifikasi dari Honda LS 125 ini sobat bikerz:

Engine liquid cooled, 2-stroke, single cylinder
Capacity 123,5cc
Bore x Stroke 55 x 52mm
Compression Ratio 7,0:1
Induction KEIHIN PE 24
Max Power 24 hp @ 9.000 rpm
Max Torque 1.97 kgf-m @ 8.000 rpm
Transmission/Drive 6 Speed/chain
Front Suspension Telescopic
Rear Suspension Swing arm
Front & Rear Brakes Single disc
Front Tyre 17-70/90
Rear Tyre 17-80/90
Dry Weight 96,7 kg

Dengan spesifikasi seperti di atas, ternyata Honda LS 125 juga mudah dioprek untuk balapan drag bike ataupun liaran.Terbukti di negaranya sana yaitu Thailand motor ini sering banget dipake buat balapan drag race baik itu legal maupun liaran.Begitu juga di Indonesia motor ini kerap jadi buruan para pencinta balap trek lurus. Walaupun hanya 125cc, tapi jangan dianggap remeh karna dapat dipacu hingga 150km/h sobat bikerz. Bayangin aja bijimane jambakan iblisnya nie motor saat dibetot hingga topspeed.
Sedangkan dari segi harga jangan salah sobat bikerz, harganya sekarang malah meroket secara tajam persis seperti sang adik Honda Nova Dash RS125. Kisaran harga Honda LS 125 kini diangka 40 jutaan dengan kondisi yang tentunya mulus, surat lengkap bukan kimpoi dan yang jelas klistrikan serta dapur pacunya sehat. Seperti biasa sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

4 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Honda Beat 105CC 2Tak Salh Satu Primadona Remaja Muda Thailand – balimotorider Blog
  2. Ulasan Ringkas Yamaha TZR 150 Yang Digemari Kawula Muda Negeri Thailand – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*