Riding Experience Honda CRF150L Di Segala Medan Jooozzzz Tenaan Torsine Broo!!!…..


Assalamu’alaikum.
Haaaayy……… Sobat bikerz, beruntung banget hari minggu tanggal 14 Januari 2018 rombongan Balimotoblog dan rekan-rekan media cetak lokal berkesempatan untuk nyobain Honda CRF150L. Bukan di sirkuit lagi tapi di habitatnya langsung sobat bikerz, karna keterbatasan kendaraan jadi dibagi dalam 2 batch yang mana sebelumnya diundi terlebih dahulu. Alhamdulilah saya dapat di rombongan batch 1 sobat bikerz, dimana batch 1 start dari main dealer Astra Motor Bali di Jalan Cokroaminoto menuju venue/jalur yang telah dipersiapkan.
Soo…. Bagi saya pribadi sebelumnya sudah sempat nyobain Honda CRF150L ini di lintasan sirkuit wanagiri, tapi ya cman sempat 2 kali putaran aja. Kali ini saya di batch 1 berangkat dari main dealer Astra Motor Bali, pake riding gear dulu biar safety sobat bikerz. Sayangnya malah sepatunya nie kagak dapet 😔 alhasil pake sepatu yang ada dulu. Bagi rider dengan tinggi 165cm dan berat 65kg plus pake sepatu ala ala kungfu ternyata jinjit balet bro….😂 amsyoong suspensi belakang bisa dikatakan lebih rigid dari Honda CRF250 Rally jadi pas dinaekin cman dikit banget turunnya. Sebelum berangkat dilakukan briefing dulu bagaimana mengendarai Honda CRF150L ini saat di jalan beraspal dan di jalur yang sebenarnya alias jalur trabas.
Karna temanya fun On & Off Road jadi pas banget batch 1 berangkat dari main dealer kemudian istirahat sejenak dititik kumpul lalu lanjut lagi nerabas melalui jalur yang telah dipersiapkan, sedangkan batch 2 malah kebalikan dari batch 1 mereka start dari titik kumpul di bukit hexon kemudian ke lintasan setelah itu balik ke main dealer mengendarai motor.

Okeee…… First impression untuk Honda CRF150L ini di jalanan beraspal, bagi saya pribadi karna menggunakan ban model kembang tahu dan ini merupakan pengalaman pertama juga naik motor Trail, jadi saat di jalan raya habit atau kebiasaan bawa motor sebelumnya masih kebawa saat memakai Honda CRF150L namun setelah menyesuaikan akhirnya dapat juga posisi berkendara dan style riding yang pas dan yang jelas saat buat nikung karna masih pertama kali ya kagok sobat bikerz. Belok kanan ban depan sudah masuk eeehh…. Ban belakang geal geol buang ke kiri hehehehehe……😂✌

Tak ada masalah saat memasuki jalanan beraspal, cman pas lewat jalan tembusan aja kaget ada rekan yang berhenti di tengah-tengah tanjakan karna jalan sempit kiri kanan tanah liat yang gembur bekas terkena ujan, alhasil lompat sambil tangan masih posisi pegang stang karna depan mendadak berhenti dan saya hampir jatuh, maklum jalan setapak ini tembusan bukit hexon dan jalannya kecil kayak papan keseimbangan saat safety riding, turun kaki jelas ndak sampe akhirnya lompat terus dorong motor lagi dikit ampe atas hehehehehe… 😂

Istirahat ngopi sejenak makan gorengan, naaah…. Ngeliat Dika ndak kebagian motor di batch 1 pake riding gear komplit akhirnya saya pinjam sepatunya dulu buat main nanti masuk jalur yang saya ssndiri juga belum tau seberapa extremkah jalur yang dilewati nanti, mikir juga ntar dijalur trabasan msnuju danau Tamblingan kalo pake sepatu beginian pasti susah bin repot dan tentunya kagak safety. Oyiaaa…. Sedari start tadi untuk RC alias Road Captain dipegang oleh Roy Nugraha, kalo kawan-kawan trabas area Bali yang mampir baca warung ini pasti kenal siapa Roy Nugraha…… Medannya mantap banget sobat bikerz. Bagi saya pribadi pengalaman pertama langsung diajak nrabas yang jalurnya aje gilee dach….. udah kayak tempatnya jin buang anak😀✌

Diawal memasuki jalur sempat beberapa kali terjatuh ketika menunggangi Honda CRF150L ini, mulai jatuh di medan berlumpur sampe saat menuruni jalur bebatuan bekas aliran sungai atau longsoran bukit… Yang jelas disaat seperti ini bukan hanya skill atau kemampuan yang diuji tapi juga kerja sama team sobat bikerz, saat ada teman yang terjatuh maka rekan yang lain dengan sigap saling membantu. Ritme berkendara di jalur trabas mulai saya temukan saat berada pas dibelakang si Roy….. Saya ikuti arahan dia dan copy abis style berkendaranya di jalur trabas, Alhamdulilah sukses melahap jalur tanpa kendala.

Jalurnya komplit banget start jalanan beraspal kemudian melewati jalur tanah berlumpur lanjut jalur menanjak setapak, dimana keseimbangan rider diuji benar-benar disini lalu lanjut melalui jalur bebatuan menurun melewati sungai atau bekas longsoran bukit, jalanan berpasir di dekat danau tamblingan dan medan berumput yang penuh jebakan betmen di area danau tamblingan… Yang masih jadi pikiran adalah di jalur naik turun dengan konturnya berupa tanah liat yang basah tersiram air hujan, kok ada mobil PLN di tengah-tengah jalur ya hahahahahaha……😂😂✌ asli ajaib nie petugas PLN, karna yang jadi pikiran giman nanti putar balik itu mobilnya???

Ternyata pake motor trail di habitat sebenarnya malah kudu ganas euy…. Geber terus siksa sampe mesin teriak, sslama di jalur trabas menuju danau tamblingan cukup pake gigi 1 dan 2 aja selebihnya malah kagak diperlukan, yang ada malah bakal susah di jalur seperti itu pake gigi 3 wong saya aja seringnya maen di gigi 1 doang malah kopling juga jarang kepake…..pokoknya gebeerrr….kocok terus gas nya biar makin melimpah torsinya….

Honda CRF150L ini bagi pemula seperti saya yang baru cobain ini motor dan langsung diajak turun ke jalur yang Fun (noted: fun bagi yg pro ini jalur ya…) bisa dikatakan sangat mumpuni, dukungan suspensi depan Upside Down showa dan suspensi monoshock belakang yang tingkat rigidnya pas bagi pemula serta yang sangat jelas banget tentu dukungan torsi yang melimpah dari dapur pacu 150cc injeksi…. Eeehh ini injeksi ya?? 😅✌Hehehehehe…..😀✌ sampe lupa sobat bikerz, ternyata pengabutan bahan bakar menggunakan injeksi dan terbukti ternyata mesin menggunakan sistem injeksi ganas juga ya buat maen trabas lancar jaya tanpa kendala plus ini motor karna sudah injeksi ya jelas terasa banget iritnya padahal saya siksa bener-bener ini motor ampe teriak mulu….. Korbannya biji kesemutan tiap duduk diatas jok Honda CRF150L hahahahaha…..😂😂😂

selama di jalur trabas motor ini lancar melahap jalur medan yang bagi pemula seperti saya ini bisa dibilang extrem hehehehe…. 😂😅✌ ternyata lancar juga pake Honda CRF150L ini, karna ini merupakan Trail pertama bikinan Astra Honda Motor dari segi bahan material bodinya lentur, karna untuk maen trabas ya bisa bahaya juga kalo material bodi motor plastik yang keras, handle remnya kuat juga nie sobat bikerz…. Terbukti saat jatuh di jalur berlumpur yang ternyata bagian bawah lumpurnya ada bebatuan, handle rem ndak patah cman bengkok aja. Begitu keluar dari jalur trabas dan kembali masuk jalur aspal Honda CRF150L ini ternyata mampu saya geber dikecepatan 93km/jam sebenarnya ya bisa lebih tapi jalannya naek turun plus agak berbelok-belok dikit jadi ya riding santai lagi sambil menikmati indahnya pemandangan….. Toh niat nya buat fun aja lagipula motor Trail habitatnya ya di jalur trabasan bukan di jalanan beraspal.

Panel speedometer mungil minus RPM aja tapi fuel meter bahan bakar ada jadi bisa liat bahan bakar yang tersisa di tangki, thank’s buat Astra Motor Bali yang udah kasih kesempatan buat nyobain Honda CRF150L ini habitatnya langsung plus melatih serta menambah skill dan pengalaman menggunakan motor ini…. Pokoke jooozz gandoozz acarane, pulang tinggal sakit pinggang ama kaki cenat cenut hehehehehe….😀 eitzzz makasih ya sobat bikerz sudah mampir ke warung saya ini, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*