Yamaha AS3 Twin 125 Salah Satu Motor Kencang Nan Gaul Di Masanya


Assalamu’alaikum.
Haaaayyy……….. Sobat bikerz, kalo kmaren bahas Suzuki Stinger Twin 125 kali ini bahas rivalnya nie. Pabrikan garputala juga ndak mau kalah saing juga sobat bikerz, persaingan di motor sport dua silinder sudah terjadi pada tahun 70an. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang melakoni debut pada tahun 1974 meluncurkan dou produk dengan mesin twin silinder 2Tak. Yang akan kita bahas saat ini adalah Yamaha AS3 Twin. Yamaha AS3 Twin bisa disebut sebagai salah satu nenek moyang motor sport Yamaha di Indonesia. Yamaha AS3 Twin memulai debutnya pada Tahun 1973 hingga tahun 1977. Sebelumnya pun telah ada seri Yamaha AS1 Twin sobat bikerz, sejarah singkat tentang kemunculan motor Yamaha AS1 yaitu pada sekitar tahun 1969 yang saat itu lagi populernya balapan MotoGP di Kelas 125cc, Yamaha mengeluarkan tambahan hot up kits limited edition untuk motornya AS-1 Road bike yang bermesin 1255c, twin-cylinder 2 stroke, tentunya pada jaman itu terlihat garang sob. Kemudain berlanjut sampe ke Yamaha AS3.
Kali ini yang akan saya bahas adalah Yamaha AS3 Twin, buat para suhu yang mampir kemari jika ada yang kurang mohon bantuannya ya hehehehehe….. ­čść balik lagi bahas Yamaha AS3 Twin sobat bikerz. Mesin dua tak, berpendingin udara yang bertengger pada Yamaha AS3 Twin silinder dengan ukuran Bore X Stroke 43 X 43 menjanjikan tenaga sebesar 16 daya kuda (dk) pada rentang 9.800 rpm, Torsi puncak sebesar 12,7Nm pada 8000Rpm dengan rasio kompresi 6,8:1, kemudian berat kosong hanya 105 kg, kapasitas bahan bakar muat 9 liter. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi lima percepatan ini memiliki kecepatan maksimum 127 km per jam, sektor pengabutan tentu menggunakan 2 buah karburator┬áTeikei 18mm dan pengapiannya pun masih Platina sobat bikerz.

Motor ini termasuk motor kalangan berpunya pada zaman itu karena sudah jelas boros busi juga boros bensin dan kudu pas setel karbu sama platinanya hehehehehe….. ­čść sedangkan kelebihan dari Yamaha AS3 ini karakter mesin 2Tak nya sobat bikerz, bayangkan hanya 125cc Twin Silinder bisa menghasilkan 16 HP tapi ya kudu hati-hati karna perangkat pengereman hanya bermodalkan Drum Brake alias Rem tromol. Jadi enaknya motor ini ya buat santai jalan-jalan sore ataupun turing gas tipis-tipis aje…. kalo sruntulan di jalan yang ada bakal nyundul kendaraan lainnya lho hehehehehe…. ­čść berikut ini spesifikasi singkat Yamaha AS3 sobat bikerz :
Model: Yamaha AS3 Twin
Tahun: 1973-1977

Mesin: 2-stroke, 2 silinder
Kapasitas mesin: 125cc
Bore x stroke: 43 x 43 mm

Max. power: 11.7 kw (16 hp) @ 9800 rpm
Top speed: 127 kpj
Pendingin: udara
Transmisi: 5-speed

Dimensi:
Tangki bbm: 9 liter
Berat: 105 kg
Starter: kick
Suspensi:
– depan: telescopic
– belakang: swing arm, double shockbreaker
Rem:
– depan: tromol
– belakang: tromol
Ban:
– depan: 2.50-18″
– belakang: 2.50-18″

Buat yang lagi restorasi ataupun bingung nyari urusan sparepart motor Yamaha AS3 Twin 125, saat sekarang ini ndak usah kuatir lagi karna sudah ada grup di sosial media tuch klik aja DISINI sobat bikerz. Sedangkan harga jual Gelap suka-suka yang jual ama yang beli aja cocok bayar, sempat cek di mbah google kondisi bahan paper komplit masih diangka 3.5 juta malah yang Mint Condition bisa sampe 15 juta sobat bikerz. Monggo, kalo urusan motor Tua bukan hanya Sultan berduit aja tapi butuh nyali dan kesabaran yang tinggi dalam membangun sepeda motor tersebut. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari dan bagi suhu yang mampir kemari mohon tambahan ilmunya bila ada yang kurang di artikel saya ini, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*