Ulasan singkat Kawasaki Binter KE 125 2 Tak


Assalamu’alaikum.
haaayyy……….. Sobat bikerz, Di Era 1980an, Kawasaki memiliki sejumlah motor sport populer yang di pasarkan di Indonesia. Namun kala itu Kawasaki tidak menggunakan namanya sendiri untuk memasarkan produknya di Indonesia. Pabrikan otomotif asal Jepang itu bekerja sama dengan perusahaan lokal yang disinyalir milik koruptor Edi Tansil, PT Bintang Terang, yang kemudian disingkat menjadi Binter pada setiap produknya. Dan yang akan Kita bahas adalah salah satu line up Kawasaki pada jaman dahulu kala, bergenre trail dengan kapasitas 125 cc 2tak sobat bikerz.
Bintang Terang atau biasa disingkat Binter pernah memproduksi sebuah sepeda motor bergenre trail sobat bikerz. Tak hanya mengeluarkan motor Touring dan sport, Binter juga bermain di segmen motor trail dengan melahirkan Binter KE 125 pada 1981. Sepeda motor penggaruk tanah itu dibekali mesin 125 cc 2 Langkah dengan suspensi depan dan belakang yang panjang yang menambah kuat kesan gagah dan kokoh. Berbeda dari rivalnya, Binter KE 125 telah memiliki bentuk tangki yang lebih modern dengan istilah desain Volcano. Meski didesain langsung oleh Kawasaki Jepang, motor itu dipastikan hanya dapat dijumpai di Indonesia.

Baca Juga :

Tampilan dari Binter KE 125 ini emang sengaja didesain langsung sama pihak KHI Jepang.  Kawasaki Binter KE125 memang khusus dirancang untuk track semi. Kawasaki yang pada saat itu masih bernama Binter di Indonesia, persaingan antara Suzuki dan Yamaha di ajang balap motocross dengan Suzuki TS 100 dengan Yamaha DT 100 sedang memanas. Seakan ingin mengakhiri pertikaian keduanya, Binter akhirnya ikut meluncurkan motor trail mereka pada tahun 1981 dengan performa yang lebih hebat dibanding keduanya. Berbeda dengan kedua rivalnya Suzuki TS100 dan Yamaha DT100 yang bermesin 100cc 2 langkah, Binter KE 125 ini memakai mesin 1 silinder berkapasitas 124cc. Namun jelas berbeda dengan Honda XR yang walaupun sama-sama 125cc, Binter KE 125 memakai mesin 125 cc 2Tak dengan ukuran Bore X Stroke 56.0 X 50.6 mm, menggunakan pendingin udara dan rasio kompresi 7,0:1 ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 13Hp pada kitiran 7500Rpm dan torsi 14,7Nm pada rentang 6000Rpm. Tenaga sebesar ini tentunya sangat berlebihan untuk motor trail jaman itu sobat bikerz. Untuk menyalurkan tenaga keroda belakang, digunakan transmisi manual 5 percepatan.

Secara desain, Binter KE 125 masih sangat kental sekali nuansa motor trail jaman taun 70an dan 80an. Shockbreaker belakang masih memakai shock ganda belum memakai sistem Unitrak khas Kawasaki. Bagian kaki-kaki secara umum terlihat kokoh dengan suspensi depan yang panjang begitu juga pada swing arm belakang juga lebih panjang dibanding motor lain. Agar makin mantab dikendarai di medan off road, menggunakan ban khas model trail jaman itu dipadukan ukuran ban depan memakai ukuran 21 inch sementara dibelakang memakai 18 inch. Peletakan knalpotnya juga khas motor trail dengan model undertail. Spesifikasi Binter (Kawasaki) KE125 ini adalah sebagai berikut sobat bikerz :

Spesifikasi Binter (Kawasaki) KE125
Jenis Trail
Tipe KE125
Mesin 1 silinder 2 tak 124cc
Bore X Stroke 56.0 X 50.6 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Transmisi Manual 5 Speed
Wheelbase N/A
Panjang N/A
Lebar N/A
Tinggi N/A

hasil penelusuran Binter KE 125, motor ini hanya dijual antara 1981 sampai dengan 1982. Motor ini memang sempat meramaikan berbagai ajang perlombaan motocross nasional. Kini Binter KE 125 kembali menjadi incaran para kolektor maupun penyuka 2 Tak sobat bikerz. Harga pasaran Binter KE 125 pada masa sekarang ini dengan Mint Condition maupun sudah mengalami restorasi total seharga 25 juta rupiah sobat bikerz, bahkan bisa lebih dari itu…. ya tergantung kondisi juga kalo keadaan masih banyak serta perlu pembenahan disana sini tentu bisa jauh dibawah harga tersebut. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir keamri sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

1 Trackback / Pingback

  1. Harley Malaria SX 125 2 Tak Sang Pembasmi Wabah Malaria Di Indonesia – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*