Honda MBX 125 2 Stroke Salah Satu Rival Yang Tak Bisa dianggap Enteng


Assalamu’alaikum.
Haaaayyyy………… sobat bikerz, lagi seneng bahas motor 2 Tak 125 CC nie. kalo sebelumnya udah bahas Yamaha RD 125 LC yang mana sekilas tampilannya mirip dengan Kawasaki Binter AR 125, apakah pabrikan lain juga ada model yang serupa tapi tak sama??…… Tentu ada sobat bikerz. Yoooiiii….. kali ini, dari pabrikan sayap mengepak alias Honda yang ternyata punya varian sepeda motor bermesin 2 Langkah 125 CC dengan tampilan yang bisa dibilang mirip dengan Yamaha RD 125 LC dan Kawasaki Binter AR 125. Honda MBX 125 merupakan salah satu varian sepda motor yang ternyata mirip dengan kedua motor diatas dari segi tampilannya Sob… Honda MBX 125 2 Stroke ini hadir untuk mengakomodir kebutuhan pelajar kala itu, bobot ringan dan lincah untuk selap selip di kemacetan merupakan salah satu keuntungan yang dimiliki, bisa dikatakan Honda MBX 125 ini sebagai rival dari Yamaha RD 125 LC dan Kawasaki Binter AR 125.
Honda MBX 125 2 tak ini lahir kisaran tahun 1983, ini bukan Honda MBX 125 Jaman Now yang sudah jadi mini bike bermesin selonjoran 4 Tak ya. Honda MBX 125 2 Tak ini saya sempat lihat bebebrapa kali sliweran di forum jual-beli sosial media dan situs jual-beli online. sama seperti Yamaha Rd 125 LC persebarannya lebih banyak di benua Eropa dan Afrika, sedangkan Asia Tenggara di negara tetangga yaitu Malaysia juga sempat beredar. Sayangnya di beberapa negara Honda MBX 125 2 Stroke ini masih kalah saing dengan Yamaha RD 125 LC. Karna sepeda motor ini lair sebagai salah satu pesaing Yamaha RD 125 LC, maka spesifikasi yang disematkan pun tak jauh beda sobat bikerz.
Naaaah….. Sekarang kita masuk ke sektor pembakaran mesin sobat bikerz, berbekal mesin bersilinder tunggal berpendingin cairan 125 CC 2 Stroke dengan kompresi 7.5 : 1 dan pengabutan menggunakan sebuah karburator Keihin ukuran 24 mm. Mampu memuntahkan daya kuda sebesar 22 HP @ 9500 RPM dan tangki bahan bakarnya mampu memuat 13 liter serta bobot motor yang ringan hanya 99 KG Beeuuuhhhh…… bobotnya enteng kayak moped/Cub ya sobat bikerz, kecepatan puncak bisa mencapai 120KM/Jam, masih kurang lengkap????…… ini saya kasih spesifikasi lengkap dari Honda MBX 125 sobat bikerz :

Make Model

Honda MBX 125

Year

1983

Engine

Two stroke, single cylinder, Reed Valve, ATAC

Capacity

125
Bore x Stroke 55.0 x 52mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 7.5:1

Induction

24 mm Keihin

Ignition 

CDI
Starting Kick

Max Power

22 hp @ 9500 rpm

Max Torque

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain

Front Suspension

 Telescopic Fork

Rear Suspension

 Monoshock

Front Brakes

Single disc

Rear Brakes

Drum

Front Tyre

80/100-16

Rear Tyre

90/90-18

Dry Weight

99 kg

Fuel Capacity

13 Litres

Karna Honda MBX 125 ini lahir untuk membendung laju dari Yamaha RD 125 LC, apalagi versi terakhir dari Yamaha RD 125 LC ini sudah dilengkapi dengan sistem YPVS alias Yamaha Power Valve System. Maka Honda pun tak tinggal diam dan mempersenjatai Honda MBX 125 2 Stroke ini dengan sistem ATAC alias Auto-Controlled Torque Amplification Chamber yang berfungsi mengatur mekanisme katup buang yang disesuaikan dengan bukaan gas,jadi mekanismenya masih manual belum elektrikal layaknya Honda NSR dengan RC valve nyabisa dikatakan mekanisme ATAC adalah mbah buyutnya RC Valve pada Honda.

Baca Juga :


Liat dari sisi tampilan Honda MBX 125 2 Stroke, untuk ukuran orang jaman sekarang yang melihatnya pasti merasa aneh dengan bentuk dan tampilan motor ini. yang jelas sepasang velg palang 3 nya yang unik mirip dengan Honda MVX menjadikan tambah unik plus bagian depan dipadukan dengan suspensi teleskopik dan untuk menghentikan laju roda dengan sudah menggunakan Disc brake, sayangnya pada bagian belakang malah masih mempercayakan Drum Brake alias rem Tromol, tapi ya maklum aja jaman segitu mah udah cukup rem belakang pake Drum Brake. Padahal diluar sana sepeda motor ini banyak beredar namun sayang, kapan terakhir kali sepeda motor ini mengaspal di jalanan. Indonesia jangan ditanya lagi, walaupun kebagian atau ndak unitnya mengaspal di Indonesia biasanya ada aja yang punya. Buktinya beberapa Honda MBX 125 2 Langkah nangkring di garasi. Kondisinya pun amcem-nacem, ada yang mulus bin kincclong bahkan sampe masih posisi bahan/pretelan. terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Derbi GPR 125 2 Stroke Idaman Remaja Negeri Matador Spanyol – balimotorider Blog
  2. Kesuksesan Honda NS 125 F Di Kelas Sport Turing Entry Level Italia – balimotorider Blog
  3. Suzuki Rg 500 Salah Satu Race Replika Yang Benar-Benar Mengaspal di Jalanan Umum – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*