Malaguti RST 50 2 Stroke Salah Satu Pesaing Di Kelas 50CC Italia


Assalamu’alaikum.
Haaaaayyy…… Sobat bikerz, bahasan kali ini turun ke kelas 50 Cc 2 Stroke yang merupakan kelas paling kecil dalam era sepeda motor Negeri Eropa terutama Italia. Malaguti merupakan salah satu dari sekian banyak pabrikan Italia yang juga pernah memproduksi sepeda motor 2 Tak berkubikasi 50 CC. Malaguti RST 50 yang kali ini akan kita bahas sobat bikerz, Disajikan pada tahun 1987 Malaguti RST 50 hadir menggantikan RGT sebelumnya dan merupakan jawaban dari rumah San Lazzaro atas kehadiran Aprilia AF1 50 yang disajikan setahun sebelumnya yaitu pada tahun 1986. Terjadi banyak pengembangan hal-hal hebat akan hadirnya malaguti RST 50 ini dan berikut ini akan warung ini jabarkan kepada sobat bikerz pembaca setia warung ini.

Diawal kehadirannya Malaguti sengaja hadir untuk menantang dominasi dari Aprilia AF1 50, desain fairing jangan ditanyakan lagi khas era taun 80an. Bahkan hampir sekujur bodi motor tertutup jubah, kemudian pelana atau jok masih tandem dan yang asieek nya lagi posisi knalpot ada dibawah jok alias undertail, mantap nian layaknya sport 250 cc 2 langkah. Instrumentasi yang valid hasil racikan dari Veglia Borletti mampu menempatkan posisi rumah kunci kontak, counter rev, indikator suhu pendingin dan sejumlah besar lampu dengan tepat. Serta ciamiknya posisi kontrol CEV listrik pada setang. Tabung Reservoir minyak dan pendingin mudah diakses yang mana posisinya terletak di sebelah kanan dan kiri kepala kemudi. rangka ganda yang ditutup dalam tabung baja persegi tertutup rapi oleh jubah alias fairing. Suspensi Depan hasil garapan rumah produksi Marzocchi dengan batang shock ukuran 32 mm serta dilengkapi dengan sistem antidif ​​yang dapat diatur dalam tiga posisi. Kemudian suspensi belakang bekerja dengan sistem kantilever, yaitu swingarm (dalam baja) memiliki struktur segitiga tambahan yang bekerja pada peredam kejut yang ditempatkan secara horizontal (Sebac), yang dapat bekerja dalam kompresi atau ekstensi. Sistem pengereman dipercayakan pada Grimeca terlihat di bagian depan memnggunakan disk 220 mm dan di belakang 200 mm. Roda atau velg pun merupakan produksi Grimeca dengan bobot yang ringan serta berukuran ring 16 ” inch depan dan belakang. Harganya adalah Lire 3,195,000 (Lire 3,420,000 dengan electric starter) dan warna yang tersedia adalah merah / abu-abu dengan lingkaran abu-abu dan abu-abu / putih dengan lingkaran putih.


Di tahun 1989 sampe dengan tahun 1992 malaguti RST 50 mengalami beberapa perubahan dalam hal estetika. Diantaranya fairing berubah lebih manis secara estetika lampu depan berbentuk kotak persegi dilungsurkan kemudian digantikan dengan lampu model bulat 2 biji di depan serta windshield memakai bahan dari kaca, selain itu knalpot undertailnya pun menjadi 2 buah yang posisinya tetap dibawah jok dan transmisi sudah mengadopsi 4 percepatan. Harga yang ditawarkan saat itu adalah Lire 3,584,000 dan warna yang tersedia adalah merah dengan pelana biru dan lingkaran merah dan putih dengan pelana biru dan lingkaran putih. Selanjutnya di Tahun 1990 Malaguti RST 50 kembali mengalami perubahan dari sisi esteika, diantaranya windshield kembali menggunakan bahan plastik dan merevisi bagian ekor yang mengadopsi lampu belakang model Fifty Top dan knalpot yang tidak lagi tergabung di bagian akhir ekor, namun sayangnya karna peraturan baru kala itu maka malaguti keluaran tahun 1990 hanya menggunakan transmisi 3 percepatan saja. Harganya adalah Lire 3,665,000 (dengan starter elektrik sebagai standar) dan warna yang tersedia adalah merah / putih dengan pelana hitam dan lingkaran merah dan putih / biru dengan pelana biru dan lingkaran putih. berikut ini spesifikasi Malaguti RST 50 sobat bikerz :

General moped information
Model: Malaguti RST 50
Year: 1990
Category: Sport
Rating: 63.7 out of 100.
Engine and transmission
Displacement: 50.00 ccm (3.05 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, two stroke
Top speed: 75.0 km/h (46.6 mph)
Max RPM: 9500
Fuel system: Carburettor. Dell’Orto SHA 14/12
Fuel control: Membrane
Ignition: CDI
Lubrication system: 2 stroke
Cooling system: Liquid
Gearbox: 4-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Exhaust system: Double under seat steel exhaust
Chassis, suspension, brakes and wheels
Rear tyre: 120/80-16
Front brakes: Single disc
Rear brakes: Single disc
Physical measures and capacities
Fuel capacity: 13.00 litres (3.43 gallons)
Other specifications
Color options: Black White/Blue/Yellow Red/Yellow/Blue (Rieju only)
Starter: Electric & kick
Comments: Also sold in Spain as a Rieju RST 80
Modifications compared to previous model: Late 80´ – early 90´ models have twin round head lights. Mid 80´ models have single square headlight

Baca Juga Gaeeezzzz!!!!!!!!

Mesinnya adalah hasil racikan tangan dingin Franco Morini dengan kode G304 bertransmisi 4 percepatan, atau evolusi dari GS.A. Ini adalah mesin yang benar-benar baru dan sangat halus. Kemudian di tahun 1990 Franco Morini meracik kembali mesin dengan kode G303 yang sebenarnya identik dengan G304, tetapi seri berikutnya malah hadir dengan 3 percepatan karena keterbatasan baru yang diberlakukan oleh peraturan kala itu. Berbekal mesin 50 CC 2 Tak silinder tunggal berpendingin cairan mampu menorehkan topspeed hingga 75 KM/Jam ukuran Bore x Stroke: 30 x 41.8 mm mampu memuntahkan daya kuda 1.5 HP saja tapi speednya aje gilee itu sob!!!….. Cocok buat pemula yang baru belajar maen motor. Walaupun mesinnya imut tapi dimensi motornya cukup bongsor, tercatat di beberapa forum diskusi luar negeri ada yang pada swap engine pake mesin Honda NSR 125 Hornet atau malah mesin 150 CC 2 Tak lainnya, maklum Sparepartnya sudah sangat susah. Karna pada 31 Oktober 2011 perusahaan tersebut secara definitif mengakhiri aktivitasnya sebagai pabrikan sepeda motor, setelah menghentikan produksi pada bulan April di tahun yang sama, walaupun Pada tahun 2017, seorang pemuda berusia 23 tahun dari Puglia mencoba untuk menghidupkan kembali merek tersebut dengan mengumumkan proyek untuk menghadirkan Phantom F10 baru dengan mesin Minarelli 50 cc. Tanggapan keluarga Malaguti kering dan dingin dengan mengatakan: “Kami adalah Malaguti, kami tidak mati”.
Harga Bekasnya di Pasar Internasional saat ini tercatat dikisaran harga terendah adalah 300 Euro sampe 1000 Euro tergantung kondisi sepeda motor juga sebenernya sobat bikerz, makin ciamik tentu makin mahal apalagi masih full original :O bisa lebih dari 1000 Euro harganya. Okee…… Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

2 Comments

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Sejarah Singkat Aprilia AF1 50 Yang Menjadi Salah Satu Motor 2 Stoke Idola Remaja Italia – balimotorider Blog
  2. Sejarah hadirnya Derbi GPR 50 Sport 2 Stroke Yang jadi Idola Remaja Negeri Matador Spanyol – balimotorider Blog
  3. Ulasan Singkat Yamaha TZR 50 Moped 2 Stroke Masih Menjadi Idola Bagi pembalap Pemula – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*