Suzuki GT 125 Twin Yang kini Kembali Jadi Incaran

Sabtu nan cerah ceria, menikmati segelas es kelapa muda. Beristirahat sejenak melepas lelah setelah beres bersihin NSR, motor tua butut milikku. Treeng!!!….Treeeng!!!….Teeeng!!!…..Teeeeeng!!!!!….. Terdengar suara khas raungan mesin dua silinder. Kuarahkan pandangan kearah pintu gerbang depan rumah, terlihat seorang pemuda yang tak asing. Yaa….. Rupanya si Rojak dengan motor barunya datang ke tempatku dan kulihat tampaknya Suzuki GT Twin 125. Apa Kabar Breeh??….. kata si Rojak begitu menyandarkan motornya dan melepas helm. Yaaeellaaah!!!…. Salam dulu napa!!! Sekalian cium tangan dulu, Ucapku Sambil kusodorkan tangan pada Rojak. Iyee…. Assalamu’alaikum Breehh!!!!… Gerutu si Rojak sambil menampik tangan yang sengaja kusodorkan. Wa’alaikumsalam….. Naahh!!! Gitu kan enak Breehh, Ente kayak maling aja masuk kagak pake salam.

Saya: Motor siapa tuch Breeehh???….
Rojak: Motor Gua lah!!!….
Saya: Biasa aja napa, kagak pake ngegas plus nyembur, emang ane kesurupan??…..
Rojak: Ayoo…. Breehh, Kita ke Taman Kota. Nongki disana….. Kali aja ada cabe-cabean lewat apa Janda muda bahenol yang bisa diajak kenalan
Saya; Mesum amat lo, Jak!!…. Pantesan hobi stensilan
Rojak: Udah kagak usah ngebacot mulu…. cepetan ambil helm, ntar sekalian ajak si Mimin ama Tigor
Saya: Jangan ajak Mimin, dia lagi pedekate ama Hayati, kakaknya si Yudis….. Lagian ngajak dia boros di kantong.
Rojak: Ya… Udah, Buruan Gih ambil helm sono!!!…..
Saya: Udah…. Mending duluan aje Breeh!!… ane mau mandi dulu
Rojak: Ya udah, Mandi Gih….. Inget jangan ngabisin shampoo ama sabun
Saya: Sekate-kate nie orang ngebacot….. jangan samain ama Loe yang hobi Stensilan 5 rebuan. sambil berlalu meninggalkan Rojak di teras depan.

Segera kuselesaikan ritual mandi ala bebek alias yang penting kena sabun ama air beres. Terdengar dari luar suara nada ponsel Rojak sedang memainkan musik dangdut era Mansyur S. Jam tangan telah melingkar di pergelangan tangan, ponsel beserta powerbank dan kabel data serta tak lupa dompet yang isinya didominasi oleh nota Bon utang. Nasib….. Nasib Pemuda ekonomi lemah, batinku.

Ayoo…. Jak kita berangkat!!! ( sambil melihat Rojak menikmati segelas kopi ) Sumpah!!! Loe, Emang lihai kalo nyomot isi dapur ya…… kataku pada Rojak sambil mengambil segelas kopi yang telah dibuatnya. Udah!!! ayo buruan ntar keburu yang lain nunggu, balas Rojak padaku. Cklek!!!…. Ckleek!!!….. Treeeng!!!….Teeng!!!…Teeeng!!! suara khas motor dua tak kami. Perjalana berlanjut menuju Rumah Tigor, sesampainya di rumah Tigor. Motor Tigor lagi ngadat jadi Tigor berboncengan denganku.

Sejenak laju motor kami terhenti di lampu merah, depan kayaknya kosong nie Breeh??!!??….. Kata Rojak pada Kami. Terus Kau mau apa??…. Kata Tigor pada Rojak. Yukkzzz…. Aku penasaran ama speednya si Suzuki GT Twin 125 ini, balas Rojak pada Tigor. Ayoo!!!!…. Jak, lama nie Motor ane kagak main Tarik-tarikan ama motor loe, lagian motor baru. jadi bolehlah…. test dikit, menimpali percakapan antara Rojak dan Tigor. Lampu Hijau berbinar, menandakan kami untuk segera melajukan kendaraan. Terlihat Rojak sudah siap untuk menarik gas sedalam mungkin. Benar saja….. Motor suzukui keluaran tahun 1974 sampe 1977 ini melesat mendahului kami. terdengar suara raungan khas twin silinder segaris 125cc 2 langkah dengan Bore X Stroke 43 x 43 mm dan kompresi sebesar 6,8 : 1 ini mampu melesat hingga 127 km per jam / 79 mph denga Torsi maksimal sebesar 20,6 Nm / 2,1 kgf-m / ​​15,2 lb-ft @ 6500 rpm Dan mampu menghasilkan tenaga kuda sebesar 10,6 Nm / 14,2 hp @ 7500 rpm ditambah lagi dengan bobotnya yang hanya 115 kg dalam kondisi tangki bahan bakar yang mampu menampung sebanyak 10 liter sedang kosong.

kuikuti saja dari belakang dengan sengaja membiarkan Rojak dengan Suzuki GT Twin 125 nya di depan. Tanpa terasa kami telah tiba di taman kota. kami parkirkan motor dan mencari tempat untuk nongkrong sambil tebar pesona pada gadis-gadis muda yang lewat. Bang!!!!….. Kopi Bang!!! kata Tigor pada pedagang asongan yang kebetulan lewat. Kopi apa Mas???…. Jawab si Pedagang sambil berjalan menghampiri kami. Kopi Item aja aku, Kalo kau bang kopi apa???….. Kata Tigor pada kami. Aku White kopi aja kalo loe apa Breeh???….. kataku pada Rojak yang sedari tadi celingak-clinguk kayak spesialis maling pakaian dalam. Udah samain aja… Bebas jawab Rojak.

Setelah kopi pesana kami siap, segera kami bayar kopi tersebut. Duuchh!!!!….. Ini Napa pada banyakan yang bawa pasangan sich???…. Gerutu Rojak. Ya jelaslah bang!!! ini malam Minggu Balas Tigor. Horor buat yang jomblo kayak Loe Breehh….. sekenanya kubalas ucapan Rojak tadi dan disambut oleh gelak tawa Tigor. Udah sesama Jones (Jomblo happiness) kagak usah saling ejek…. Balas Rojak tak kalah sengit pada ucapan kami. EEhhhh!!!!…. Mending Kau ceritakan saja ke kami ini tentang motor yang baru saja dipinang, ucap Tigor.

Gini Breehh…. Rojak mengawali ucapannya……
motor ini Gua Beli seharga 6 jutaan, kebetulan ada yang khilaf. Aslinya ya kagak dapetlah harga segitu, seingatku diatas 10 juta sekarang ini. kalian juga tau sendiri kalo harga motor 2 Stroke untuk penghobi itu gelap, asal cocok bayar. Suzuki menghadirkan mesin twin sendiri adalah seri GT125, GT185, dan GT250. Sedangkan untuk seri GT100 hanya 1 silinder, dan GT380 dan GT750 memakai mesin 3 silinder. Ini Spesifikasi lengkapnya…. sambil menyodorkan ponsel Rojak pada kami:

Make Model

Suzuki GT 125M

Year

1974 – 77

Engine

Two stroke, parallel twin

Capacity

124 cc / 7.6 cu in
Bore x Stroke 43 x 43 mm
Compression Ratio 6.8:1
Cooling System Air cooled

Induction

Port control

Ignition

PEI

Starting

Kick

Max Power

10.6 Nm / 14.2 hp @ 7500 rpm

Max Torque

20.6 Nm / 2.1 kgf-m / 15.2 lb-ft @ 6500 rpm. 

Transmission

5 Speed

Final Drive

Chain

Front Suspension

Telescopic forks

Rear Suspension

Twin shocks, springs

Front Brakes

Single disc

Rear Brakes

Drum

Front Tyre

2.75-18

Rear Tyre

3.00-18

Dry Weight

115 kg / 254 lbs

Wet Weight

122 kg / 269 lbs

Dimensions

Lenght: 1915 mm / 75.4 in
Width:     735 mm / 28.9 in
Height: 1015 mm / 40.0 in

Wheelbase

1230 mm / 48.4 in

Ground Clearance

145 mm / 5.7 in

Fuel Capacity 

10 Litres / 2.6 US gal / 2.2 Imp gal

Top Speed

127 km/h / 79 mph
Suzuki RG125X4

Walaaahh….. Ternyata keracunan 2 Tak, referensinya dari blog duatak.com, kataku pada Rojak. Iya dong….. Ini Blog emang paling banyak bahasan seputar motor jadul 2 Tak, jawab Rojak padaku. Sekilas model ini mirip dengan Suzuki GT Twin 185 tapi minus elektrik starter, ya…. Mungkin untuk menarik minat konsumen pemula saat itu atau bisa jadi saat itu motor laki ya pake starter kaki biar lebih keren saat menyalakannya. Sedangkan untuk versi tahun 1979 dan 1980 model ini mengalami perubahan nama menjadi Suzuki RG 125 X4, dengan memberi sentuhan velg racing pada bagian kaki-kaki dan spakbor tak lagi menggunakan bahan plat, melainkan plastik layaknya spatbor sport tahun tersebut. Rojak menjelaskan panjang lebar pada kami yang daritadi menyimak sambil sesekali mengangguk atau sekedar meneguk kopi yang telah kami beli.

Suiittt…. Suiiitt…. Tigor bersiul pada dua orang gadis yang kebetulan lewat di depan kami. kedua gadis itu tak mengiraukan siulan Tigor, mereka berpikir: emangnya burng piaraan disiulin dan yang jelas norak bagi mereka. Udah yukzz… Kita pulang Breehh….. Daripada nanti kena garukan, kataku pada Rojak. Emang eyke cowok apaan cyiin???…. Yukzz…. Capcus!!!!… Balas Rojak. Hahahahaha….. 😀 😆 Kami tertawa lepas dan segera menuju parkiran motor dan tentunya mengantarkan Tigor dulu ke rumah baru pulang.

Sekian dulu ya Kawan dua tak semua, semoga menyukai artikel saya kali ini, Inget ini malam minggu. Buat yang jomblo banyakin doa minta ujan biar ndak horor di jalan. tapi buat yang udah keluarga malah menguntungkan. Tinggal tarik selimut dan bergerilya
Uppzzzz!!! hehehehehe….. 😀 😆 😀

jangan lupa bahagia.

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*