Yamaha RX 125 Twin Salah Satu Sport 2 Tak Twin Silinder Pertama Yamaha Indonesia

Rojak sedang kecanduan dengan motor barunya, apalagi disaat libur kerja atau selepas pulang kerja lebih awal, selalu disempatkannya untuk sekedar memanasi motor baru 125 cc Twin silinder 2 Tak miliknya, sambil rada berkhayal… Rojak penasaran, kira-kira ada ndak ya pemilik Yamaha RX 125 Twin atau motor 2 langkah twin silinder lainnya yang cc nya 125 juga???….. Kali ini, Rojak sengaja memacu kendaraannya memutari kota, hingga tibalah di Traffic light dan tanpa sadar Treeeng!!!!…. Trreeeeng!!!!….. Teeeng….. Teeeeng!!!… Suara deru mesin 2 Langkah parallel twin seperti miliknya. Dengan reflek menoleh ke sebelahnya Kerreen!!! Juga nie motor, kata Rojak dalam hati sambil melihat motor yang ada di sisi sebelah kanan motornya. Setelah diamati ternyata tertulis di box accu motor tersebut Yamaha RX 125 Twin ( Pucuk dicinta ulam pun tiba, batin Rojak dalam hati ).
Ada apa ya Bang??… Sedari tadi liatin motor saya…. Kata pemuda pemilik motor tersebut. Lampu hijau menyala disertai bunyi klakson dari belakang agar pengendara di depan segera melangkah.

(Memacu kendaraan agar bisa sejajar dengan pengendara tadi) Breehh!!! Keren motor loe… Nepi dulu, kita ngobrol bentar sambil ngopi…. (Kata Rojak pada pengendara disebelahnya)

Sambil tersenyum dan berkata: ayoo… Daripada ngobrol di jalan kayak gini malah membahayakan diri sendiri dan pengendara lain….. Jawab pemuda disebelah Rojak.

Akhirnya mereka menepi di warung kopi. Kenalin Gue Rojak (sambil mengulurkan tangan)
Saya…. Sarmidi Bang, salam kenal.

Bu!!!…. Kopi 2 ya, elo…. kopi apa Breehh???

Kopi item saya Bu, jawab Sarmidi

Ya… Udah, samain aja Bu…. Kopi item dua ya.

Rojak: Breeh!!!…. Motor Loe keren, terawat pula.
Sarmidi: Alhamdulillah Bang, maklum motor warisan Bapak.
Rojak: waaahhh!!!! Pasti banyak kenangannya nie, napa kagak beli motor baru aja Loe???
Sarmidi: maaf Bang, saya ndak kuat bayar cicilannya.
Rojak: apa nggak boros??…. Gue aja buat harian pake motor yang irit bensin dan teknologi terkini
Sarmidi: saya tetap memilih motor tua lungsuran dari Bapak karna sejuta kenangannya daripada motor baru sejuta sebulan cicilannya
Rojak: hahahahaha….. 😂😂 pinter juga Loe becanda, btw…. Ini Yamaha seri apa??
Sarmidi: Yamaha RX 125 Twin Bang
Rojak: baru tau Gue…. Ada seri RX yang twin silinder begini
Sarmidi: iya Bang…. Jumlahnya juga terbatas saat ini.
Rojak: Gue taunya Yamaha RX King ama RX Spesial doang (sembari senyam-senyum dan menggaruk kepala yg tak gatal)
Sarmidi: yaa….. Namanya juga motor yang populasinya terbatas Bang, sama kayak motor Abang juga barang langka
Rojak: iyaa…. Baru sekitar semingguan ini saya pinang dan mesin serta kelistrikan masih orinya, bodi dan catnya juga masih bawaan pabriknya
Sarmidi: beruntung banget Bang, ngangkat diharga berapa nie??…
Rojak: hehehehe…. 😁😁 rahasia kalo itu, btw… Spesifikasinya kayak gimana sich ini motor??
Sarmidi: Sepengetahuan yang saya mampu ya Bang…

Yamaha RX 125 Twin ini Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976 dan masa produksinya berakhir pada 1979 membuat desain motor ini sangat kental akan nuansa motor era 70an. Bentuk tangki sudah mulai mengotak seperti motor era 80an dan bentuknya agak memanjang seperti motor balap World GP (sekarang MotoGP) dengan tutup tangki yang sudah pasti menonjol. Bagian mesin terlihat padat walau bermesin 2 Langkah yang biasanya terlihat kecil bisa jadi karena penggunaan 2 piston dan 2 header knalpot serta struktur rangka yang tepat jadi ndak keliatan kopong/kosong. Knalpotnya sendiri ada 2 buah berada di samping kanan dan kiri yang membuat tampang motor ini makin classic.

Jika kita lihat dari sejarahnya. Jauh ke belakang, persaingan di motor sport dua silinder sudah terjadi pada tahun 70-an. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang melakoni debut pada tahun 1974 meluncurkan dou produk dengan mesin twin silinder. Pada tahun yang sama, Yamaha awalnya memiliki AS3 Twin yang dijual secara CBU hingga tahun 1977. Respons yang baik dari pasar waktu itu membuat mereka menambah model dengan menetaskan RX 125 Twin pada 1976.

Di luar negeri, Yamaha RX 125 Twin ini lebih dikenal dengan nama Yamaha RD 125 Twin. Dengan transmisi 5 percepatannya, motor berkapasitas 125 cc 2 stroke ini mampu melesat hingga 130 KM per Jam dan mampu meletupkan tenaga kuda sebesar 16 HP pada 8.500 RPM dan Trosinya sebesar 1,3 Kg-m pada 8000 RPM, namun klaim beberapa situs online luar negeri malah 17HP tenaga yang mampu dihasilkan. Tangkinya mampu memuat bahan bakar sampe dengan 11 Liter. Ini Bang…. Spesifikasi lengkapnya….. Sambil menyodorkan ponselnya ke Rojak:

 

Make Model

Yamaha RX 125 Twin

Year

1973

Engine

Two stroke, parallel twin

Capacity

124 cc / 7.6 cu-in
Bore x Stroke 43 х 43 mm
Cooling System Air cooled
Compression Ratio 6.8:1

Induction

2x 18mm Teikei carburetors

Ignition 

Battery coil 
Starting Kick

Max Power

17 hp / 12.4 kW @ 8500 rpm

Max Torque

1.3 kgf-m @ 8000 rpm

Transmission 

5 Speed 
Final Drive Chain
Gear Ratio (1) 34.52 (2) 19.67 (3) 14.11 (4) 11.34 (5) 9.11
Frame steel tube engine used as a stressed member

Front Suspension

28 mm telescopic forks

Rear Suspension

Dual rear shock pre-load adjustable

Front Brakes

150 mm Disc Brake

Rear Brakes

130 mm Drum

Front Tyre

2.75-18

Rear Tyre

3.00-18
Wheelbase 1245 mm / 49.0 in
Seat Height 749 mm /  29.5 in

Wet Weight

115 kg / 255 lbs

Fuel Capacity 

11.5 Litres / 3.04 US gal

Standing ¼ Mile  

18.2 sec

Top Speed

130 KM per Jam I 81 mph

Karna jumlahnya yang terbatas, menjadikan beberapa kolektor motor tua memburu sepeda motor 2 langkah ini. Kisaran harganya gelap Bang, liat aja di situs jual beli online…. Pasang harga sesuka hati. Terakhir kali ngecek malah sampai dijual dengan harga diatas 30 juta.
Brarti Ente jual bisa untung banyak Nie…. Kata Rojak pada Sarmidi

Janganlah Bang…. Kalo ini ndak akan saya jual. Karna motor ini sejarahnya sangat panjang bagiku, jadinya ya….. Tak akan kulepas ini motor….(balas Sarmidi)

Breeehh!!!…. Loe tinggal dimana??…. Main-mainlah ke rumah Gue, ntar Gue kenalin teman-teman Gue yang juga hobi motor 2 Tak.

Saya di Desa yang sebelum patung Pak Tani itu Bang….

Oohhh!!!…. Itu sich ndak begitu jauh Breehh….

Iya Bang…..

Eeehhh!!!…. Loe sibuk kagak??…… Kalo lagak mending ikut Gue. Ntar Gue kenalin ama temen-temen Gue sekalian kita test yukz!!…. Motor mu.

Boleh juga Bang…. Tapi jangan gaspoll Bang???….. Takut jebol blok mesin saya.

Iyaa…. Tenang aja, emang loe kira loe aja yang takut mesinnya jebol??… Ya, sama…. Gue juga takut jebol nie motor Suzuki GT 125 Twin punya Gue.

Akhirnya…. Setelah membayar kopi dan beberapa gorengan. Rojak dan Sarmidi Gas Tipis-tipis bareng, sekalian berkenalan dengan kawan-kawan si Rojak.

Jangan lupa bahagia.

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha RX 100 Pembuka Jalan Klan RX Series Di Indonesia - Dua Tak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*