Berkenalan Dengan Suzuki GT250 Twin 2 Tak Andalan Suzuki Di Tahun 70an

Sore ini lima orang yang terdiri dari Mimin, tigor, Rojak, saya dan terakhir adalah Yudis sedang bersantai di rimbunnya taman kota. Menikmati lalu lalang kendaraan dengan segala hiruk pikuknya yang berhamburan di depan kami. Sedang asiek-asieknya mengobrol, dengan secara tak sengaja terdengar dua bunyi mesin dua tak silinder segaris.
Mereka mengarahkan pandangan kearah parkiran sepeda motor yang posisinya tepat di depan mereka dan  melihat Sarmidi datang untuk gabung dengan membawa salah seorang kawannya.
Haallooo!!!…. Apa kabar semuanya, kata Sarmidi yang datang sambil menyalami kami. Ini, saya ajak teman juga…. Ucap Sarmidi kembali. Salam kenal mas-mas semuanya, perkenalkan nama saya Anton…. Ucap pemuda itu sembari mengulurkan tangan pada kami satu persatu sebagai tanda perkenalan. Kereeen!!! Motornya Mas, kata Mimin pada Anton. Hehehehe….😁 motor mas-mas yang ada disini malah lebih keren jadi kalah kerennya motor saya, ucap Anton pada Mimin. Motor Kau ini Suzuki Apa???…. Aku liat nampaknya Suzuki Punya desain itu, balas Tigor.


Rojak: Suzuki seri Apa itu Breehh??… ( Kembali terlontar Pertanyaan tadi dari mulut Rojak)
Anton: Suzuki GT250 Twin Mas
Rojak: waaaahhh!!!…. Brarti cc nya diatas punya Sarmidi nie
Sarmidi: iyalaahh!!!!….. Lebih keliatan sangar kalo yang ini Bang Rojak
Tigor: Baru tau aku…. Suzuki pernah bikin ini motor untuk massal
Anton: iya mas…. Namanya juga motor tua, jarang banyak yang tau, motor mas semua yang disini juga motor langka semua.
Yudis: ndaklaaahh!!!…. Motorku cman motor buluk sejuta umat di jamannya.
Tigor: heeii!!!!….. Kawan, coba kau jelaskan tentang motor kau ini. Biar kita-kita ini pahamlah….
Anton: Baiklaah…. Jika ini permintaan kalian, Suzuki GT250 Twin 2 Stroke adalah versi upgrade dari Suzuki T250. Faktanya, model pertama (yang dirilis di Jepang) adalah motor yang persis sama, hanya nama modelnya yang berbeda. Ketika model ini disajikan di seluruh dunia, tambahan “G” di depan nama model T250 adalah untuk menunjukkan bahwa model telah dimodernisasi dengan rem cakram di bagian depan dan dengan kepala silinder Ram Air baru. Diluncurkan Pertama kali di Jepang pada tahun 1970, Suzuki GT250 tiba di Amerika Utara pada tahun 1973 sebagai GT250K dengan klaim tenaga mencapai 31 horsepower.

Pada dasarnya Suzuki GT250 Twin ini tidak banyak berubah dari seri sebelumnya yaitu T20 X6 Hustler yang diluncurkan pada tahun 1966 melalui model T250. Di tahun 70an GT250 Twin ini di zamannya merupakan saingan Honda CB 250 dan Yamaha RD 250. Suzuki tentu dengan mesin 2 Langkahnya bisa tampil dominan, terutama dalam hal torsi!!! Tentunya di zaman itu, lawan kebut-kebutan di sirkuitnya hanya Yamaha RD 250 yang sama-sama bermesin 2 tak yang mampu menyaingi. Selanjutnya Ram Air yang tersemat pada Blok Headnya ini sangat menguntungkan. Karna pendinginan kepala silinder mesin 2 Tak twin pararelnya menjadi lebih cepat adem. Aliran udara dipercepat karena desainnya diperuntukkan untuk itu, sehingga pendinginan jauh lebih baik dan turbulensi udara berkurang. Efeknya, tentu lebih menguntungkan ketika mesin-mesin GT 250 kena korek dan ditingkatkan performanya. Resiko overheat dan mesin ngempos lebih jarang menghampiri GT250.

Inovasi lainnya yang tak kalah keren adalah keran bensinnya yang sudah dilengkapi membran. Bensin tak akan turun jika mesin menyala dan memaksa pengabutan bahan bakar untuk bekerja, maka bensin pun tidak akan turun, jadi anti banjirlah…. Saat kalian tidak menggunakan sepeda motor ini dalam jangka waktu yang lama. Berbicara soal mesinnya, kecepatan puncaknya mencapai 146 km / h / 91 mph tapi aku yakin, kalian bisa memacunya lebih dari itu ( sembari mengedipkan mata pada kami ) dan klaim tenaganya seperti yang sudah kukatakan tadi mencapai  30 hp @ 8000 rpm sedikit lebih kecil dari seri sebelumnya T250. Jangan lupakan Torsinya kawan, 27,5 Nm / 2,8 kgf-m / ​​20,3 lb-ft @ 7000 rpm jika kalian tarik gas akan berasa dijambak hehehehe…. 😀 Tangki bahan bakarnya mampu menampung 15 liter. Aku juga tau spesifikasi sepeda motor ini dari duatak.com kawan. Coba aku buka dulu situsnya agar kalian juga bisa lihat spesifikasi lengkapnya….. Naaahhh!!! Ini spesifiksai lengkapnya kawan :

Make Model

Suzuki GT 250

Year

1970 – 1979

Engine

Two stroke, parallel twin

Capacity

247 cc / 15.1 cu in
Bore x Stroke 54 х 54 mm
Compression Ratio 7.5:1
Cooling System Air cooled

Induction

Carburetour

Ignition

PEI 

Starting

Kick

Max Power

22.4 kW / 30 hp @ 8000 rpm

Max Torque

27.5 Nm / 2.8 kgf-m / 20.3 lb-ft @ 7000 rpm

Transmission

6-Speed

Final Drive

Chain

Front Suspension

Telescopic fork

Rear Suspension

Twin shocks, springs

Front Brakes

Drum

Rear Brakes

Drum

Front Tyre

2.75-18

Rear Tyre

3.00-18

Dimensions

Length: 1985 mm / 78.1 in

Width:     870 mm / 43.3 in

Height:  1065 mm / 41.9 in

Wheelbase

1290 mm / 50.8 in

Wet Weight

146 kg / 322 lbs

Fuel Capacity

15 L / 4.0 US gal / 3.3 Imp gal

Top Speed

146 km/h / 91 mph

Pengabutannya tentu menggunakan 2 buah karburator ukuran 28 mm Menggantikan ukuran 26 mm yang sebelumnya di T250. Sedangkan harganya saat ini cukup bikin kantong tercekik. Terakhir kali ngecek di situs jual beli online ada yang jual dengan harga 16 jutaan tapi ada juga yang jual diangka 40 Juta untuk meminang sebuah Sepeda motor Suzuki GT 250 Twin 2 langkah ini kawan. Tentunya jika kalian posisinya jauh dengan penjual ya… Kudu Keluar duit lagi buat ongkos kirimnya agar motor tersebut bisa mendarat dengan mulus sampe di garasi kalian. Mohon maaf…. Kalo penjelasan saya hanya sampe segitu karna memang motor dua tak ini saya beli dalam kondisi yang cukup menguras kantong agar kembali kinclong seperti ini, ucap Anton setelah selesai memaparkan secara detail apa yang Dia ketahui tentang sepeda motor kesayangannya. Untuk Di Indonesia sendiri Belum jelas seri Suzuki GT 250 Twin ini masuknya lewat ATPM atau lewat Importir umum, karna cukup sering terlihat di situs jual beli dengan kondisi lengkap resmi beserta suratnya. Kalo punyaku fakturnya sudah nggak ada jadi ya…. Nggak tau ini yang masukin siapa hehehehehe…. 😀

Paten Kali!!! Kau menjelaskan tentang motor ini kawan…. Balas Tigor pada Anton. Yaaa…. Saya hanya semampu pengetahuan saya aja mas, Balas Anton pada Tigor. Mumpung sebentar lagi senja merona tiba dan melihat keberadaan kita, bagaimana kalo kita gas tipis-tipis sebelum cabut ke rumah masing-masing. Sekalian pengasapan gratis biar pada ndak kena demam berdarah, Ucap Yudis tak kalah menimpali ucapan kawannya yang lain. malah yang ada diprotes Breehh!!!…. mana olsam ente bau sangit, balas Rojak Tak kalah sengitnya. Ya udah… Kita cabut yukzzz!!! pada santai kan??…. Mending kita sekalian silaturahmi ke tempat Anton dulu baru abis isya pulang, Gimana Ton??? Ucapku pada Anton dan yang lain. Baiklah!!!…. lagian Rumahku juga nggak jauh dari rumahnya Sarmidi.

Jangan Lupa Bahagia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*