Sejarah Ringkas Kehadiran Yamaha RX 125 Engkel Di Indonesia

Mimin yang sedari pagi sumringah dapat pinjeman go site Yamaha RX 125 Engkel, berencana akan mengajak Hayati kekasihnya jalan-jalan selepas magrib. Jadilah… Selepas Maghrib Mimin nyamperin Hayati di Rumahnya, setelah itu mereka berjalan-jalan keliling kota dan menyempatkan untuk nonton film di Atrium. Setelah dari Atrium, Mimin berencana untuk mengantarkan Hayati pulang. Namun Hayati minta untuk mampir ke Abang penjual martabak dulu karna ingin memberikan ayahnya makanan kesukaan. Sambil sesekali mereka bersenda gurau dan Hayati lebih menyukai dibonceng dengan motor 2 Langkah yang dikendarai oleh Mimin. Kelar mengantarkan Hayati dengan sukses, Mimin berencana untuk mampir sebentar ke rumahku. Tepat pukul 11 malam ini bocah datang ke rumah, tentunya dengan membawa makanan dan pasti kedatangannya ada maksud tertentu. “Assalamu’alaikum Bang…..” Sapa Mimin Padaku. “Wa’alaikumsalam…. Masuk Min”, jawabku. Terdengar suara khas motor 2 Tak yang merepet pedas khas motor 2 Stroke Yamaha tersebut.

“Pasti hasil minjam dari Mbah Gugel kamu ya Min…..” Kataku.

“Yoiii….. Bang, kan mbah Gugel orangnya baik ndak perhitungan……” Balas Mimin.

“Kamu tau kan!!! kebiasaan kita kalo bawa motor 2 Tak yang belum pernah di review…..” Balasku kembali.

“waduuhh!!!!…. Ini yang susah, soalnya ndak begitu paham aku ama motor Yamaha RX 125 Engkel ini”, kata Mimin

Okeee…. saya coba jawab sebisanya ya Bang…. mohon maaf kalo masih banyak kekurangan. Motor ini adalah generasi penerus kesuksesan Yamaha RX 100 yang terlebih dulu wara-wiri di market domestik Indonesia. Masih seperti keluarga source link Yamaha RX lainnya, teknologi yang dianut pada motor ini juga sama-sama 2 tak konvensional. Yamaha RX 125 engkel ini banyak memiliki penggemar dan pemakainya pun sangat banyak pada masanya, selain itu motor inipun dianggap motor kencang. Saingannya saat itu adalah Honda GL 125 dan Suzuki GP 125. Motor ini bertahan hingga tahun 1983 dan lebih laris ketimbang pendahulunya RX 125 Twin yang memakai mesin 2 silinder.

Yamaha RX 125 Engkel ini hadir pada Tahun 1979, Secara model, motor-motor tipe RX keluaran Yamaha bisa dibilang mempunyai jenis abadi. Maksudnya dari jaman era tahun 70’an hingga 90’an, design motor tidak terlalu neko-neko. Terkesan minimalis tapi berkarakter maskulin, Tuuhhh!!!…. Liat aja tangki model oval dengan head lamp bulat serta tail lamp kotak, mencirikan kesan oldies but goodies.

Bicara Urusan dapur pacu, Yamaha RX 125 engkel ini dipersenjatai mesin dengan kapasitas 123 cc silinder tunggal 2 Stroke berpendingin udara dengan ukuran Bore X stroke sebesar 56 x 50 mm dan menggunakan sebuah karburator Mikuni VM22SH untuk mengabutkan bahan bakar yang memilik kompresi mesin  6,9 : 1. mampu memuntahkan daya kuda sebesar 13.0 hp (9,5 kw) @ 7000 rpm dan torsinya mampu memuntahkan daya sebesar 13,34 Nm (1,4 kgf-m) @ 7000 rpm. Tentunya bagi yang ingin merasakan sensasi tarikan dari motor 2 Langkah keluaran Yamaha ini, kudu siap-siap pegang stang yang kuat kalo ndak pengen terhempas ke belakang.

sambil membuka dan mengetik di layar ponsel, Mimin pun berkata padaku : Ini Bang !!! Spesifikasi lengkapnya :

Spesifikasi Yamaha RX 125
Jenis Sport Tourer
Tipe RX 125
Mesin Single Cylinder, 123cc, Two Stroke
Bore X Stroke 54 x 50 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator Mikuni  Mikuni VM 22 SH
Kompresi 6,4 : 1
Transmisi Manual clutch 4 Speed
Max Power 13.0 hp (9,5 kw) @ 7000 rpm.
Max Torque 13,34 Nm (1,4 kgf-m) @ 7000 rpm.
Lubrication Autolube
Fuel tank capacity 10 liter
Oil tank capacity 1,3 Liter
Pengapian  Fly Wheel Magneto ( Platina )
Berat Kosong  96 KG
Battery/accu  12 Volt
Panjang X Lebar X Tinggi 1915 x 730 x 1060 mm
Tinggi jok 780 mm
Wheelbase 1.240mm
Ground Clereance 155 mm
SuspensiDepan & Belakang Telescopic (depan)
swingarm, double shockbreaker (Belakang)
Ukuran Ban
depan & belakang
3.0-18 (depan)
3.0-18 (belakang)
Rem depan & Belakang Disk Brake ( depan )  I  Drum Brake( Belakang )

Anehnya….. Yang menjadi pertanyaan besar sampe saat ini adalah apa maksud penempatan kata Engkel di akhir seri Yamaha ini. Apa mungkin karna nyalainnya kudu pake kick starter??….. Entahlah, saya juga bingung Bang. Lagian hanya sebentar masa edarnya di Indonesia berbeda dengan seri RX Series lainnya sampe bertahan beberapa Dekade. Untuk masalah kecepatan, rumornya mampu mencapai kecepatan hingga 140 km/jam. RX Series beberapa tahun belakangan ini harganya mengalami lonjakan. Awalnya bisa didapatkan dengan harga yang murah, tapi tidak untuk saat ini. Untuk kisaran harganya saja dari yang termurah 7 Jutaan Hingga belasan Juta dan pastinya tergantung pula kondisi motor serta kelengkapan surat menyuratnya.

“Naaahhh!!!…. Gitu dong Min, kan enak…. Aku sedikit banyak tahu tentang sejarah motor Yamaha RX 125 Engkel ini”, Jawabku.

“Yaa….. Saya tau nya cuman segitu aja Bang, Kalo ada yang lebih paham ya monggo!!!!…. Silahkan berkomentar”, Balas Mimin.

“Apalagi Aku… Min, Mana paham seri ini”, Balasku kembali.

“Iya Gpp….. Bang, Nanti juga ada pengunjung warung ini yang ikutan komentar buat nambahin informasi tentang Yamaha RX 125 Engkel ini”, Jawab Mimin kembali.

mimin pun berkata kemballi padaku, “Bang…. Saya pamit pulang dulu ya, Udah malem nie. Lagian besok udah waktunya untuk kembali bekerja. “EEehhhh!!!… iya ya, ndak kerasa udah hampir jam 12 malem Min”, Jawabku. Akhirnya Mimin Pun pamit pulang dan meninggalkan suara merepet-merepet pedas khas Yamaha RX series disertai bau wangi dari oli samping yang tentunya mbah Gugel ini tidak menggunakan oli yang murah meriah perkiraanku. Terima kasih.

Jangan Lupa Bahagia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*