Ayago Unik Ini Bernama Yamaha ZR120 Dan Yamaha RR120

Siang ini cuaca terasa terik, aku dan Mimin mampir bentar ke warung untuk melepas dahaga sembari menikmati makan siang., setelah dari rumah mbah Google minjem motor. Bukan direview cman diminta manasin plus dikasih uang jajan dikit hehehehe…..😁✌️ Berhubung mbah Google minta dua motor dikeluarin ya sekalian ajak Mimin. Selepas dari warung perjalanan berlanjut menuju rumah, beristirahat sejenak. Untung belum masuk bulan ramadhan jd msh bisa makan dan minum di siang hari. Sesampainya di rumah Mimin langsung leyeh-leyeh di teras sambil kipas-kipas pake potongan kardus Mie Instan yang isinya sebagian besar sudah dilahap ke dalam perutnya.

“Motor ini unik ya Bang” ucap Mimin padaku.

“Iya Min, kalo liat sisi buritan mirip Yamaha TZM 150 tapi kok dual shock” balasku pada Mimin.

source link Yamaha RR120 dan Yamaha ZR120 emang motor yang unik ya bang” ucap Mimin kembali sambil menunjuk kedua motor yang terparkir di garasi.

“Yapzz!!!… Motor ayago dengan sasis Deltabox yang ukurannya bisa dibilang ndak umum” menimpali ucapan Mimin.

“Ho’oh!!!…. Kalo orang ndak tau pasti dikira modifan otista ini deltabox” balas Mimin.

“Sa ae kamu Min, tapi penggunaan sasis besar juga ada hitungannya Min” jawabku.

“Jelas itu Bang, insinyur yang ciptain ini motor juga pasti dihitung semuanya dari power hingga handlingnya” jawab Mimin kembali.

“Tumben pinter kamu Min, biasanya pinter nyari gratisan hahahahaha….😂😂✌️” jawabku.

“Aseem!!!…. Malah ngeledek, btw…. Spesifikasi motor ini jika disandingkan dengan motor 150cc 4 tak jaman sekarang imbang bang” ucap Mimin penuh percaya diri.

“Emang seperti apa Spesifikasinya Min??… Hari ini giliranmu ya, ngejelasin semuanya buat pembaca setia source url duatak.com” jawabku penuh tanya pada Mimin.

“Berbekal mesin 2 langkah 119cc berpendingin cairan, source Yamaha go site RR120 dan Yamaha ZR120 ini mampu memuntahkan daya kuda sebesar 19,2 HP @8.500rpm dengan Torsinya 16.1 N.m @8.000rpm“. Jika dikomparasi dengan sodaranya yaitu Yamaha 125Z memiliki tenaga kuda hanya 17.5 ps/ 8000 rpm, tentu lebih nampol Yamaha ZR120 dan Yamaha RR120 jika berbicara horsepower. Maka dari itu dipilihnya sasis Deltabox segede gaban ini bukan tanpa alasan, tentu untuk mengimbangi keliaran mesin 2 Stroke” Jawab Mimin.

“Alamaaakzaang!!!…. Itu power setara motor 150cc 4 langkah tapi Torsinya lebih nampol, belum lagi bobotnya pasti lebih enteng Min. Ucapku penuh antusias

Mimin pun kembali melanjutkan ceritanya padaku. Sepeda motor 2 tak ini aslinya adalah bikinan dari Thai Yamaha Motor Co.ltd dan diedarkan di kawasan Asia Tenggara, sayangnya Di Negeri berflower dengan kode +62 motor ini tidak masuk. Di Negeri Gajah putih sana, Yamaha RR120 dan Yamaha ZR120 diproduksi dari tahun 1989 hingga tahun 1995. Yamaha RR120 dan Yamaha ZR120 digadang-gadang untuk menghentikan laju dari Honda Nova Tena series, sayangnya publik Thailand tidak merespon positif kehadiran dari Yamaha RR120 dan Yamaha ZR120 jadi dihentikan produksinya.

Dari segi tampilan untuk Yamaha RR120 ini terdapat undercowl menutup sebagian area mesin, dari segi spesifikasi tetap sama. Bermesin 2 Langkah dengan ukuran Bore X Strokenya 54 x 52 mm dan transmisinya sudah menganut 6 percepatan serta bobot motor hanya 100kg, belum lagi dengan dibekali pengkabutan bahan bakar konvensional Mikuni VM24mm bikin motor ini mampu melaju dengan kencang. Uniknya ditengah-tengah sasis ada seperti ruang kompartemen/penyimpanan, tetapi sayangnya tak bisa untuk menyimpan barang/tools, karna saat kalian buka ternyata isinya adalan tempat oli samping. Kalo mau ya… masukin kopi terus diplastikin abis itu taruh didalmenya…. Dijamin sampe tujuan kopi masih hangat plus wangi olsam hahahahaha…..😂😂 Berikut ini spesifikasinya kawan:

Make Model

Yamaha ZR120 & Yamaha RR120

Year

1989-1995

Engine

Two stroke, single cylinder

Capacity

119 cc
Bore x Stroke 54 x 52 mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 6,9 : 1

Induction

Mikuni VM 24mm

Ignition

DC- CDI
Starting Kick

Max Power

19,5 PS (19,2 HP) @ 8.500 RPM

Max Torque

16.1 N.m @ 8.000 RPM

Transmission  /  Drive

6 Speed
Final Drive Chain
Dimension 1852 x 610 x 945 mm
Seat High 740 mm
Wheel Base 1.330 mm

Front Suspension

Telescopic forks, Oil Damped

Rear Suspension

Alloy swing arm, Dual shock

Front Brakes

160mm discs single piston calipers

Rear Brakes

Drum Brake

Front Tyre

70/80 – 16

Rear Tyre

80/90 – 17

Dry Weight

100 KG

“Penjelasanmu Mantap Min, pasti perutmu sudah kenyang abis dari warung tadi…….. Makanya bisa gacor ngocehnya” Ucapku dengan terkekeh hahahahahaha………..😂😂✌️

“Aseeemb!!!…. Paling bisa emang abang satu ini kalo ngeledek” Jawab Mimin dengan rada dongkol.

“Harga Jual sekarang berapa Min???…..” Tanyaku pada Mimin.

“Kan Dimari kagak masuk Bang, tuch tetangga sebelah ( negeri sebelah ) sempat beredar motornya”. Jawab Mimin kembali.

“eeehhh!!!….. Iya yak, lupa min…….. Maklum ngantuk dengerin kamu ngoceh hahahahahaha…..😂😂” ucapku sambil meledek Mimin.

“Ooooo!!!! Semprul tenan, yo wes… ta numpang mandi gerah bang” Jawab Mimin sambil main ngeloyor kedalem rumah.

“Inget Min…. Sabun ama Shampoo jangan loe abisin” Balasku dengan masih tertawa.

“Somplaak!!!….. Jawab Mimin.

 

Jangan Lupa Bahagia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*