Selayang Pandang Harley Davidson SS250 Malaria Motornya Mantri Kesehatan Zaman Orba

Deru motor menggelegar dengan dentuman khas dari mesin V Twin yang terkenal legendaris dikalangan penikmat motor besar sudah menjadi identitas sendiri, siapa yang tak kenal dengan merk sepeda motor khas negeri Paman Sam Harley Davidson. Sepeda motor yang kini terkenal dengan kapasitas isi silindernya yang besar ini pernah membuat sepeda motor untuk kelas menengah dan kelas bawah. Tercatat Harley Davidson pernah bekerja sama dengan Aermarcchi membuat sepeda motor 2 Tak, iyaa…. motor 2 Langkah ndak percaya tho???….. ojo ntar dikira musyrik lhooo hahahahaha……🤣🤣. Bahkan sepeda motor ini jaman dulu di negeri ini pernah dipake sebagai kendaraan instansi Pemerintahan terutama Mantri- mantri dan Dokter kesehatan yang bertugas ke daerah pedalaman untuk membasmi serta memberi penyuluhan tentang bahayanya penyakit malaria.

Pada tahun 1975 Harley Davidson SST250 diciptakan sebagai motor entry level milik HD yang statusnya jauh di bawah Sportster 883, atau Street 500 yang hadir saat ini. Motor tersebut dikembangkan untuk melawan produk Jepang dan Eropa yang marak memakai mesin 2-tak silinder tunggal. Maklumlah…. Kala itu Harley Davidson juga mengikuti perkembangan motor entry level yang ternyata pasarnya gurih dan nikmat.

Jangan kalian bayangkan kalo bodi here HD SS250 atau diluar negeri sana juga disebut dengan AMFSST250 akan tampil segagah saudaranya yang bermesin V-Twin. Karena memang tampilannya cukup simple dengan garis bodi khas motor sport naked tahun 70-an. Bahkan mirip dengan motor-motor Jepang seperti Honda CB atau Kawasaki Binter Merzy. Rem depan-belakangnya juga masih mengandalkan tromol serta ban nya pun memakai ban kembang tahu yang peruntukkannya untuk melewati medan yang tak bisa dilalui oleh sepeda motor dengan ban untuk di aspal.

Harley Davidson SS250 memiliki saudara seperjuangan yang bertampilan trail/enduro dengan kode SX menggunakan mesin yang sama. Sayangnya, setelah masalah standar emisi yang gagal dipenuhi oleh HD, maka sejak tahun 1978 HD tak lagi memproduksi SS250.

Make Model

Aermacchi /  Harley Davidson SST 250

Year

1976 – 1978

Engine

Two stroke, single cylinder

Capacity

242.6 cc / 14.8 cu-in
Bore x Stroke 72 x 59.6 mm
Cooling System Air cooled
Compression Ratio 10.3:1

Induction

1x 32mm Dell’Orto carburetor

Ignition

Battery & coil later moeel Electronic CDI

 Starting

kick

Max Power

17 HP / 12.4 kW @ 7000 rpm

Transmission 

5 Speed
Final Drive Chain

Front Suspension

Oil damper Ceriant telescopic fork

Rear Suspension

Pivoted fork and Betor dampers 3-way adjustment

Front Brakes

Single disc

Rear Brakes

Drum

Front Tyre

3.25 -19

Rear Tyre

4.00 -18

Dry Weight

114 kg / 252 lbs
Wet Weight 129 kg / 294.4 lbs

Fuel Capacity 

10.5 Litres / 2.7 US gal

Consumption Average

45 mpg

Top Speed

85 mph

Jika melihat spesifikasi dapur pacu dari watch Harley Davidson SS 250 ini menggunakan ukuran Bore X Stroke sebesar 72 x 59.6 mm menghasilkan besaran kubikasi 242cc dan mampu memuntahkan daya kuda sebesar 17 HP / 12.4 kW @ 7000 rpm, bobotnya pun terbilang ringan untuk sekelas HD hanya 129 Kilogram saja dan mampu dipacu hingga hampir 140 KM/Jam kawan. Tapi Sejatinya sepeda motor ini diciptakan untuk memberikan kelicahan dan handling yang ringan, karna tentu saja peruntukkannya buat untuk di jalanan aspal yang mulus tapi untuk membelah jalanan yang susah dilalu oleh sepeda motor umumnya. Selain itu trend pasar pada jaman itu adalah sepeda motor Trail/ Enduro yang sedan booming. Harga Jual disaat trend sepeda motor 2 Stroke kembali menjulang, tentu berimbas pada Naiknya Harley Davidson SS250 ini. Sayangnya udah ngubek-ubek situs jual beli online belum nemu nie yang jual ini motor kawan, mungkin kawan yang baca artikel ini tau harga pasarannya. Karna untuk adeknya Harley Davidson AMF 125 aja sudah dikisaran 30 juta sampe 70 juta tentu seri ini bisa diatasnyalah kawan.

Jangan Lupa Bahagia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*