Total Biaya Perbaikan Mesin Honda Supra X 125 Lansiran 2007

Lagi mau dirakit

Siang ini sembari menikmati segelas es Degan alias es kelapa muda sembari nongkrong di depan teras ditemani si Mimin yang asiek sedari tadi, jemarinya lincah mengetuk-ngetuk layar ponsel. Yaa…. Sudah jelas si Mimin lagi asiek chating ama Hayati. Terkadang itu bocah cekikikan sendirian macam orang kesurupan, maklum lagi kesurupan jin kasmaran hahahahaha…..🤣🤣

“Bang…. aku baru sadar, itu Honda Supra X 125 udah balik kandang. Kirain masih betah opname di bengkel.” Celetuk Mimin mengagetkanku yang sedang asiek ngupil.

“Iya Min…. Alhamdulillah udah beres dan udah bisa aku pake buat mobilitas kerja.” Jawabku sambil asiek korek hidung🤣

“Lama juga ya bang kelarnya, ini bengkelnya yang lagi penuh garapan apa abang yang duitnya kurang jadi itu sepeda motor ditahan bengkel dulu.” Jawab Mimin sekenanya sambil tetap asiek memainkan tuts keyboard di layar ponselnya.

“Duuuzzznaaan!!!!…. ngece koe Min. Yaa…. Jelas Kagaklah Min, mumpung ada rejeki, makanya kedua motor aku benahi biar bisa standby sewaktu-waktu dibutuhkan.” Jawabku.

Owner bengkel lagi rakit mesin Supra X 125

“Hahahahahaha…..🤣🤣 itu partnya apa aja yang diganti?? Terus biaya yang dikeluarkan total berapa Bang.” Tanya Mimin Padaku.

Jadi gini ceritanya Min. Setelah 16 hari melaju bersama Karebet, akhirnya balik lagi pake sepeda motor andalan. Yapzz!!!… Honda Supra X 125 lansiran taun 2007 kembali menemani perjalananku. Selama 16 hari opname, belah mesin total. Ganti part yang sudah uzur. Seharusnya ritual ini dilakukan 3 tahun lalu, berhubung pemiliknya ekonomi lemah yaa…. baru bulan kmaren kesampaian bongkar mesin total. Awalnya karna ngejim alias macet sehernya karna telat oli plus dibawa ke daerah menanjak dengan memuat beban 2 orang, alhasil jelas keabisan oli mesin. Selama 3 tahun tiap seminggu sekali isi oli mesin sebanyak kurang lebih 250 ml, bahkan kadang hampir 500ml.

Kondisi blok mesin setelah dikkolter dan naik os 50

“Waaahh!!!! Hebat Dong, pas di lampu merah jadi 4 tak tapi pas digas ngebul kayak 2 tak, seting dimana itu bang??…” ucap Mimin sembari mengejekku.

“Yaelaaah!!!!…. kagak aku kasih ke rumah tau rasa kamu, ntar bingung tanggal tua kemana cari gratisan bweekk!!!….😝😝” balasku pada Mimin.

“Iyee…. Iyeee…. terus itu gimana pertanyaanku tadi Bang.” Tanya Mimin kembali padaku.

Setelah dibongkar total seher kena dan baret parah jadi kudu ganti, blok mesin atau boringnya juga kena jadi kudu naik oversize kemudian kampas ganda kena dan kampas kopling kudu ganti, snai alias bikin ulang rumah baut tap-tapan oli mesin, filter udara waktunya ganti. Bengkel posisi sedang rame jadi ndak bisa terburu-buru.

Total sparepart yg diganti adalah kampas ganda, kampas kopling, bubut mangkok kampas ganda, kolter blok naik jadi oversize 0.50 plus sehernya.

Seher bawaan masih oversize 0 kondisi rusak

Sebelumnya aku sudah kasih DP sebesar 300 ribu perak Min dan saat motor selesai. Total tagihanku sebesar 620 ribu saja, jadi aku cuman nambahin 320 ribu lagi untuk melunasi kekurangan biaya perbaikan Honda Supra X 125. Alhamdulillah masih ada bengkel yang pengerjaannya rapi dan hasilnya tak mengecewakan. Yaa…. tau sendiri Min, oknum yang gebuk harga juga ada tho…. Padahal ndak semua orang punya kondisi keuangan yang baik.

“Lhaaa…. Harga kantong rakyat jelata itu Bang, bengkelnya dimana tuch??…” Tanya Mimin dengan nada penasaran.

“Alamatnya Mulia Motor ada di jalan raya Sading, banjar Sengguan Mengwi, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung, Bali. Cek di google maps ada Min, jadi kamu ndak bingung kalo mau servis motor. Ini bengkel umum jadi kalo motor Rare agak susah dibawa kesana karna butuh mekanik yang lebih ahli dan berpengalaman dalam hal perbaikan motor langka.” Jawabku pada Mimin.

“Jauuh…. juga ya Bang, kok malah kesana?? Kan ada bengkel langganan.” Tanya mimin kembali sedikit heran.

“Bengkel langganan lagi full orderan Min, bisa berbulan-bulan baru kelar yang aku takutkan. Lagipula di bengkel yang kemaren juga recommended karna teman-teman yang memliki kendaraan untuk operasional kerja pada servis dan perbaiki disana.” Jawabku meyakinkan Mimin.

Hasil 3 tahun ngebul karna kompresi bocor dan nambah oli mesin mulu tiap minggu

“Kok ya nemu aja sampean ini Bang, padahal selain bengkel langganan kan masih banyak bengkel lain.” Tanya mimin kembali.

“Itu kan daerahku mancing ikan di kali ama sungai kalo pas libur kerja Min, lagian disana motor-motor tua 2 stroke masih banyak dan terawat. Yaaa…. meskipun bukan motor yang langka tapi sepeda motor yang sliweran disana itu sudah sudah aku temui di kota.Selain itu, kawan-kawanku kan banyak yang tinggal di daerah sana.” Balasku pada pertanyaan Mimin tadi.

“Pantesan Abang ku ini kalo libur kerja melipir ke pedesaan, ternyata selain mancing juga asiek mantengin sepeda motor 2 Langkah yang masih sliweran disana.” Ucap Mimin.

“Yoo!!!… Jelas itu Min, kan itung-itung refreshing melepas penat.” Balasku.

 

Jangan Lupa Bahagia.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*