Tutorial Mengatasi Hilangnya Kunci Keyless Honda ADV 150

Pagi itu Mimin Lagi pusing karna kunci sepeda motor barunya ilang. Masalahnya yang ilang itu kunci keyless. Jadi dia kelimpungan gimana caranya nyalain Honda ADV 150 miliknya yang baru saja dibeli. Mimin pun meneleponku untuk membantu mengatasi masalah yang dialaminya. Tak berapa lama, sampailah aku di kost Mimin. Telihat Mimin sedang meratapi motornya dan segera kuucapkan salam ‘Assalamu’alaikum’ lalu dibalas oleh Mimin dengan ucapan Wa’alaikumsalam…. Alhamdulillah abang dateng. Ini sekarang gimana nyalainnya ya?? Kunci ilang ini bang…. jawab Mimin dengan Mimik muka sedih.

“Udah!!… kagak usah pasang tampang melas” ucapku

“Yaa…. terus solusinya gimana bang??…” tanya Mimin kembali.

“Kunci magneticnya ada Min???…” tanyaku pada Mimin.

“Lhaaa….. ini kan udah pake keyless bang, tuch buat nyalain Honda ADV 150 nya harus bawa remotenya. Kalo remote udah On baru bisa dinyalain ini motor dengan cara diputer knopnya yang kayak knop kompor gas itu” balas Mimin dengan panjang lebar.

“Iya…. iya…. bawel…. kamu beli ini motor bukannya dapet 3 kunci?? 2 kunci remote dan 1 kunci magnetic ama 1 lagi barcode yang ada nomernya doang???….” balasku pada Mimin.

“Kalo itu jelas dapatlah bang, cuman remote cadangannya aku titip di rumah Hayati. Kalo ilang tinggal ambil kesana, dilemari adanya kunci magneticnya doang.” Mimin menimpali ucapanku

“Ya udah…. ke rumah Hayati sono minta kunci Honda ADV 150 nya, kirain ilang semua kuncinya Mimin.” Jawabku dengan rada sewot.

“Masalahnya Hayati lagi ke kampung Bang dan yang di rumah cuman ada bapaknya aja, udah sempat sich tadi telepon Hayati…. katanya ambil aja di rumah nanti minta ama Bapak buat ngambilin kuncinya.” Balas Mimin kembali.

“Ya udah…. ngojek aja di mang Udin depan kan bisa.” Menimpali ucapan Mimin.

“Pinjem duit kalo gitu bang, biasa akhir bulan gini kan lagi kere.” Ucap mimin sambil cengengesan.”

“Haadeeehh!!!!….. Ngehek nie orang……. sama, aku juga lagi kere Min. Mending kamu bawain tuch kunci magneticnya kemari ama obeng dan sekalian barcode yang kamu simpen di lemari keluarin sekalian, obengnya buat buka bagian samping ini, sekalian buatin kopi Min.” Kataku sambil mengingat-ingat tutorial untuk emergency kali kehilangan kunci keyless nya.

Tak berapa lama kemudian Mimin datang sambil membawa 2 gelas kopi plus kunci magnetic ama obeng yang aku minta tadi.

“Ini bang…. udah kumplit aku bawain yang abang minta semua tadi.” Ucap Mimin dengan muka penuh harap.

“Ya udah aku eksekusi ya Min.” Balasku pada Mimin.

Langkah awal dalam keadaan darurat saat kehilangan kunci remote Honda ADV 150. Pertama kita posisikan knop dlm keadaan sdh ditekan kemudian buka pada bagian samping rumah knop nya, disitu akan terlihat rumah kunci magneticnya. Kalian putar bagian tersebut. Setelah itu jok akan terbuka….. “Lhooo!!!! Kok malah yang kebuka joknya Bang” ucap Mimin dengan penuh keheranan.

“Nyaut aje nie pinggiran wajan, udah liatin aja aku kerja” balasku.
Setelah jok terbuka, kalian buka bagian rumah accu/akinya. Nanti kalian akan menemukan sebuah kabel untuk dishort atau dijumper dan di dalam siru biasanya sudah tersedia kabel buat ngeshort/jumpernya.
Setelah kalian tancapkan kabel jumpernya ke soket berwarna biru, maka knop akan menyala lampunya dan berkedip. Setelah kedipan awal kalian masukkan nomer yang tertera di barcodenya. seumpama angka pertama 8 ya kalian pencet knopnya sebanyak 8 kali jeda 1 detik lanjutkan keangka selanjutnya sampe selesai.

Setelah selesai kalian pencetin itu knop Honda ADV 150 mengikuti cara diatas tadi, maka lampu pada knop akan berkedip-kedip kembali. Kalian cabut kabel jumpernya, setelah itu tinggal putar dech….. maka motor bisa menyala tanpa perlu adanya remote/kunci keylessnya. Tapi, jika kalian matikan mesinnya….. kalian hanya punya waktu 2 menit…. INGAT 2 MENIT!!!!!….. untuk segera menyalakan kembali kontaknya. jika tidak ya Wassalam itu motor kagak bisa nyala sampe ada remote keylessnya.
Pokoknya setiap kalian matikan, waktunya hanya 2 menit dalam posisi OFF dan harus segera dinyalakan.

“Berarti cuman bisa nyala sekali doang dong Bang???……” Tanya Mimin padaku.

“Tenang Min, kalo udah kamu matiin motornya cuman punya waktu 2 Menit saja jangan sampe lewat…. Jadi kalo kamu nyalain hidupin kayak gini sampe berkali-kali ya bisa aja….. Asal pas mesin mati jangan lebih dari 2 Menit.” Jawabku sembari mempraktekkan matikan dan nyalakan mesin.

“Alhamdulillah….. Makasih banyak Bang, kalo gitu aku ke rumah Hayati dulu mau ambil remote serepannya.” Ucap Mimin dengan muka sumringah.

“Yo we….. Ati-ati di jalan, ndak usah sruntulan…. jalanan milik bersama bukan buatan mbahmu.” balasku sambil mengejek Mimin

“Oooo…… Semprul, yo wes aku berangkat dulu bang ntar kalo mau balik duluan, kamarku tolong dikunciin ya.” Balas Mimin sembari mengenakan helm dan bersiap menuju ke rumah Hayati.

Nahhh….. itulah tadi tutorial jika kalian kehilangan remote keyless Honda ADV 150. jika kehilangan semua kuncinya sebaiknya segeralah menuju main dealer terdekat di kota kalian agar segera mendapatkan penggantinya. Selain itu, Honda ADV 150 ini memiliki setingan reset otomatis. Jadi setelah 3 kali ON OFF maka akan ke reset otomatis seperti awal ( default ) jadi ndak perlu repot-repot buat setting ini itu dan lain sebagainya. Berbeda dengan produk-produk sebelumnya yang setelah menempuh jarak sekian ribu kliometer harus direset manual untuk kembali ke settingan awal.

Wassalamu’alaikum.

Jangan Lupa Bahagia.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*