Mengenal Lebih Dalam Moped Mungil Honda Dio 50 CC 2 Stroke Yang Laris Manis Di Pasar Internasional ( End )

Semilir angin sore ini berhembus membawa udara yang masih terasa menyengat, setelah beberapa hari dipinjamkan Honda Dio oleh Mbah Google. Tibalah hari ini mengembalikannya, berhubung terlihat dekil jadi cuci sajalah….. Biar enak ngembaliinnya nanti kondisi kinclong. Assalamu’alaikum!!…. suara Mimin dibalik gerbang yang tingginya kurang dari semeter. “masuk!!!…… Min” Balasku sembari menyiapkan perkakas cuci motor.

“Wiuuuiiiihhh!!!!…. Nyuci dia” ucap Mimin padaku.

“iyeee!!!….. Bawel loe jadi orang, sono bikinin minuman sekalian ambil jajan di dapur”. Balasku pada Mimin.

“ashiiiaaapp!!!!……” Balas Mimin sambil ngeloyor menuju dapur.

Sekembalinya dari dapur Mimin sudah membawa apa yang kuminta tadi sembari bertanya kembali padaku. “Bang….. Ceritain dong tentang Honda Dio ini”.

Sebenarnya si Ujang udah cerita Min dan sudah bisa kamu baca di blog duatak.com, tapi nampaknya apa yang Ujang ceritakan ada yang terlewati.

Apaan yang terlewati bang??…. boleh nie diceritain

Jadi sebenarnya produk dari Honda Dio ini banyak sekali Variannya, si Ujang cerita kalo Honda Dio 2 Tak ZX dan Honda Dio SR ditahun 1997 digantikan dengan Dio Cesta dan berlanjut ke Dio Fit. Padahal diantara rentang waktu itu seri Honda Dio 2 Langkah ini masih ada seri Honda Dio ZX dan Honda Dio SR nya juga bahkan rilis edisi terbatas juga.

Tahun 1996 Honda Dio 2 Stroke merilis sistem pengereman nterlocking. Untuk mendistribusikan operasi pengereman dengan tuas rem kiri ke roda depan dan belakang, sebuah “equalizer tangan” disediakan pada braket tuas kiri, dan kawat rem roda belakang dan “kabel penghubung” (kabel untuk kontrol roda depan) saling terhubung. Kalo di Negeri +62 biasa disebut dengan Combi Brake System. Sistem linkage roda depan / belakang ini diaktifkan ketika mengoperasikan tuas rem kiri, yang relatif sering digunakan oleh pengguna pemula. Selain itu, gaya pengereman yang diterapkan pada roda depan dan belakang didistribusikan dengan tepat sesuai dengan kekuatan gaya yang ditekuk oleh tuas rem kiri, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan kekuatan pengereman yang lebih efektif.

Rem interlock roda depan / belakang (hanya tuas rem kiri)

 Sistem ini adalah yang relatif sering digunakan kiri untuk pengguna skuter, dengan tujuan memfasilitasi deselerasi tinggi dan stabilisasi perilaku kendaraan dengan operasi sederhana dengan menerapkan gaya pengereman yang tepat dari roda depan dan belakang. Ini diaktifkan ketika tuas (rem roda belakang) dioperasikan. Input operasi tuas kiri ditransmisikan ke rem roda belakang melalui kabel, dan beban operasi dihitung oleh ECU dari sensor sudut di aktuator, dan motor kontrol di aktuator menerapkan gaya pengereman yang sesuai ke roda depan sesuai dengan input. Dihasilkan.

ABS

 Tujuan dari sistem ini adalah untuk mempertahankan kontrol kendaraan dan kinerja pengereman dengan menghindari kunci roda karena input yang berlebihan selama pengereman lurus. Prinsip operasi adalah bahwa ECU menghitung kecenderungan penguncian roda dari sensor kecepatan roda dari roda depan dan belakang, dan mengoperasikan rem motor dan elektromagnetik di aktuator untuk memastikan kekuatan pengereman yang tepat yang tidak mengunci roda. Roda di kontrol.

Selain itu terdapat beberapa tambahan/update yang terjadi pada Honda Dio :

・ Kapasitas tangki bahan bakar telah ditingkatkan dari 5.3L menjadi 6.0L, mengurangi frekuensi pengisian bahan bakar.
・ Lampu halogen 40W / 40W yang meningkatkan intensitas cahaya lampu digunakan untuk
meningkatkan visibilitas.

Bodi motor dari Honda Dio ini diwarnai dalam empat warna: warna baru Boon Silver Metallic, gambar cantik Candy Maple Red, hitam murni subur, dan Tasmanian Green Metallic yang tenang. “Honda Dio SP” dengan warna eksklusif dirilis pada 1 Januari 1997. menggunakan logam abu-abu medium khusus.
Selain itu, warna garpu/shock dan roda depan telah diubah menjadi Mistral Gold Metallic, dan lampu utama serta sinyal belok dikombinasikan dengan lensa luar bening terintegrasi yang terlihat seperti mobil.
Mesin ini dilengkapi dengan mesin 49cm3 berpendingin udara, berpendingin udara, 2Langkah, satu-silinder, dan memiliki rasio lebar V-matic (kecepatan variabel kontinu) untuk menunjukkan jalan yang mulus dan persisten pada kecepatan rendah dan sedang.

Selain Dio SP yang dilengkapi dengan ABS “M.A.-C. (Motor Actuated Combined) ABS” yang terhubung dengan roda depan dan belakang yang dirilis pada bulan Juni 1996, seri Dio juga dilengkapi dengan rem kombinasi yang tadi disebut dengan Combi Brake System. Dengan menawarkan beberapa jajaran varian pengereman pada Honda Dio SP, dimungkinkan untuk menyediakan sistem rem yang mudah digunakan untuk berbagai pengguna.

Honda Dio ZX mengalami minor change kembali, terlihat pada garpu/shock depan berwarna gold anodyzed layaknya suspensi Upside Down plus menggunakan velg palang 6 warna gold ala marchesini menambah kesan sporty dari Honda Dio ZX ini. Eitttzzz!!!……. Berikut ini  perbedaan spesifikasi dari Honda Dio S dan Honda Dio ZX kawan duatak.com :

Main specifications

Common name Dio ・ S Dio ZX
Car name / model Honda BB-AF34 Honda BB-AF35
Length × Width × Height (m) 1.675 × 0.615 × 0.995 1.675 × 0.630 × 0.995
Wheelbase (m) 1.145
Minimum ground clearance (m) 0.105
Seat height (m) 0.700
Vehicle weight / dry weight (kg) 73/67 75/69
Riding capacity (person) 1
Fuel consumption rate (km / L)
(30km / h steady driving test value)
49.0
Minimum turning radius (m) 1.80
Engine model AF34E (Air-cooled, 2-stroke, single cylinder)
Total displacement (cm 3 ) 49
Inner diameter x stroke (mm) 40.0 × 39.3
Compression ratio 7.1
Maximum output (kW [PS] / rpm) 4.0 [5.4] / 6,500 4.6 [6.3] / 7,000
Maximum torque (Nm [kgm] / rpm) 6.2 [0.63] / 6,000 6.5 [0.66] / 6,500
Carburetor model APBB7A APBC
Starting method Self-style (kick-type)
Ignition method CDI magnet ignition
Lubrication method Separate lubrication type
Lubricating oil capacity (L) 1.3
Fuel tank capacity (L) 6.0
Clutch type Dry type multi-plate shoe type
Transmission type Continuously variable (V-matic)
Gear ratio 1st speed 2.450-0.850 2.850-0.860
Caster (degree) / Trail (mm) 25 ° 40 ′ / 72
tire size Previous 3.00-10 42J 90 / 90-10 50J
rear 3.00-10 42J 90 / 90-10 50J
Brake type Previous Mechanical reading and
trailing
Hydraulic disc
rear Mechanical reading and trailing
Suspension system Previous Telescopic type
rear Unit swing type
Frame format Underbone

Artikel menarik lainnya Gaeezzz!!!!

Mengenal Lebih Dalam Moped Mungil Honda Dio 50 CC 2 Stroke Yang Laris manis Di pasar Internasional

Mengenal Lebih Dalam Moped Mungil Honda Dio 50 CC 2 Stroke Yang Laris manis Di pasar Internasional ( Part 2 )

Untuk merayakan peringatan 50 tahun berdirinya Honda, maka Honda Motor Co., Ltd. menelurkan edisi spesial peringatan 50 tahun dengan warna-warna khusus untuk sepeda motor Honda CB400 SUPER FOUR Versi S, Honda Little Cub, dan Honda Dio ZX. , “Honda CB400 SUPER FOUR Versi S” dan “Honda Dio ZX” akan dijual mulai 1 Juli, dan “Honda Little Cub” akan dijual mulai 21 Juli. Honda CB400 SUPER FOUR hanya diproduksi sebanyak 500 Unit dan dijual dengan harga 599.000 yen, Kemudian Honda Dio ZX 50Th Anniversarry Spesial hanya diproduksi sebanyak 5.000 unit yang kala itu dibanderol dengan harga ¥ 169.000 saja dan yang terakhir Honda Little Cub hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit saja dan dijual ke pasar dunia seharga 159.000 yen.

Di tahun 1999 Honda Meluncurkan Dio 2 Langkah Versi Hemat, Yaitu Honda Dio J. Sepeda motor ini hadir pada tanggal 14 september dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Honda Dio J sudah dilengkapi Katalis Konverter ( Catalyc Converter ) pada bagian exhaust alias knalpotnya untuk mengurangi emisi gas buang. Struktur muffler telah diubah untuk memenuhi peraturan kebisingan domestik baru. Honda Dio J dilepas seharga  144.000 Yen dan honda Dio dilepas dengan harga 157.000 Yen dan untuk Honda Dio ZX dibanderol dengan harga 179.000 Yen. Sayangnya Untuk Seri honda Dio J ini rem cakram depan digantikan dengan tipe Drum Brake alias tromol, maklum paket hemat mas bro….. hehehehehe

Pada tanggal 2 Februari Tahun 2000, Honda menghadirkan Live Dio J White Special dengan warna White Special yang diproduksi hanya sebanyak 5.000 unit saja dan dibanderol dengan harga 144.000 Yen. Kemudian pada tanggal 24 Maret Honda Motor Co., Ltd. meluncurkan Honda Live Dio ZX Skeleton, sebuah Inscooter Met 50cc sporty populer “Honda Live Dio ZX” yang menggunakan bahan kerangka/bodi motor yang populer dikala itu. Terbatashanya sebanyak 5.000 unit dirilis di hari itu.

Dalam gelaran event Tokyo Motor Show ke-33 tahun lalu, Kerangka/bodi motor Honda Dio ZX dipertontonkan langsung pada pameran tersebut  dan merupakan model yang sangat populer. Bahan bodi motor sengaja dibuat transparan dan digunakan untuk beberapa bagian eksterior seperti penutup pegangan dan penutup depan, Dikombinasikan dengan roda depan dan belakang berwarna emas, sehingga menekankan kesan sporty dan menciptakan perasaan ringan. Warna bodi motor tersedia dalam dua warna saja yaitu warna biru jernih yang menyegarkan dan warna merah jambu yang menyegarkan.

Pada tanggal 31 Agustus Honda Giken Kogyo Co., Ltd. akan merilis “Live Dio J Special” dengan warna Silver Metalic Solid dan dikombinasikan dengan jok dan Floor deck berwarna hitam dan harga jual pada saat itu adalah 147.000 yen dan diproduksi sebanyak 15.000 unit.

Selanjutnya pada bulan Desember 2001 Honda Dio J kembali mendapatkan penyegaran warna tubuh yaitu warna spesial Force Silver Metallic. Fender depan dan penutup samping dibuat dari Husky grey dengan warna yang sama, memberikan tampilan kelas tinggi.

Setahun berikutnya atau lebih tepatnya pada tanggal 22 Maret 2001 Honda telah menambahkan sistem anti-pencurian baru ke skuter 50cc yaitu Honda Live Dio ZX dan Honda Live Dio J, yang digunakan oleh berbagai pemula serta berbagai orang, dan telah menambahkan warna baru kedalam seri Live Dio J yang kemudian penamaannya diubah menjadi “Live Dio ・ S. Kali ini, sebagai sistem pencegahan pencurian, sakelar utama, pembuka kursi, dan kunci pegangan terintegrasi ke dalam silinder kunci utama, dan silinder kunci dilengkapi dengan penutup tombol. Selain itu, ia memiliki sistem keamanan tinggi, seperti tutup tangki bensin dengan kunci dan alarm immobilizer pra-pemasangan sebagai peralatan standar. tesedia hanya sebanyak 10.000 unit saja dan  dijual seharga 152.000 Yen.

“Udahan Min….. Capek juga aku jelasinnya, buat yang lebih paham dengan seri Honda Dio ini mohon bantu koreksi ya kawan semuanya.” Ucapku setelah menuntaskan segala penjelasanku pada Mimin.

“Ancen Jooozzz sampean Bang…… Wawasan aku jadi makin bertambah sekarang.” Balas Mimin.

“Ya udah sini minumanku mana?? Haus dari tadi berceloteh panjang lebar.” balasku sambil meminta Mimin mengambilkan gelas minumanku.

Terima Kasih.

Jangan Lupa Bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*