Sekilas Tentang Salah Satu Pesaing Moped Di Kelas 50 CC 2 Stroke Suzuki AE50 Hyper

Kalo tempo hari kita ngobrolin tenntang Honda Dio 50 CC 2 Stroke, kali ini obrolan kita tentang salah satu yang menjadi pesaingnya. Tak hanya Honda Dio saja yang melenggang bebas di pasar 50 CC 2 tak, tetapi ada Yamaha Dan Suzuki yang menjadi rival di kelas tersebut saling berebut untuk meraih hati konsumen di pasaran kala itu. Pesaing berikutnya yang akan kita bahas dimari adalah Suzuki dengan AE50 HyperSuzuki AE50 diperkenalkan ke pasar Kanada dan beberapa pasar lain di seluruh dunia (misalnya Jepang, Inggris) pada tahun 1990. Suzuki AE50 hadir sebagai pesaing Yamaha Jog dan Honda Dio yang populer, tetapi, sayangnya untuk alasan apa pun, Suzuki AE50 tidak dijual di Amerika Serikat. Di Kanada, tampaknya beberapa contoh dicap dengan nama ‘Hyper’ sementara yang lain hanya diberi label sebagai ‘AE 50‘. dan ada bebebrapa yang menyebut Skuter luar negeri ini dengan Suzuki AE50 Style dan Suzuki AE50 the Hi Up. Sedangkan di negara asalnya yaitu Jepang, Suzuki AE50 series ini sudah mulai dipasarkan sejak tahun 1988 dan barulah di tahun 1990 mulai di ekspor keluar Jepang.

Sejatinya Suzuki AE50 Hyper juga berbagi mesin motor 2 tak 50cc ini dengan skuter Suzuki AD50, jadi bisa saling berbagi sparepart tetapi sayangnya tidak common part alias tidak bisa saling tukar sparepart dengan Suzuki AP50. Desain Suzuki AE50 cukup standar untuk sepeda motor keluaran tahun 1990-an menapilkan sisi klasik dengan garis-garis tajam dan lurus mendominasi penataan. Di sisi teknis, Suzuki AE50 Hyper datang dengan satu set dasar pengukur dan lampu peringatan. Salah satu minusnya moped yang hadir dengan kaca spion standar memiliki visibiltas yang kurang, karena setingan kaca spion bawaan pabriknya agak sempit dari pandangan keselamatan. Sehingga banyak yang menggantinya dengan produk aftermarket.

Dalam kondisi stock alias standar, top speed dari Suzuki AE50 Hyper mampuj melesat lebih dari 60 km / jam (40mph). Skuter ini sangat lincah untuk 50cc, tetapi kecepatan tertinggi dibatasi oleh. karna kita tau bahwa dalam Peraturannya untuk moped 50 CC diberikan batasan. Untungnya Produk-Produk aftermarket memiliki part yang mampu untuk melewati batasan tersebut. Beruntngnya Skutik 50 CC 2 Langkah ini sudah memiliki wadah/tabung oli samping terpisah jadi tidak perlu repot-repot saat pengisian bahan bakar. yang mana harus mencampur dulu ke tangki, hal ini dikarenakan adanya pompa oli samping yang membantu kinerja tersebut.

Berbekal mesin 2 Tak yang menyalakannya mampu menggunakan starter kaki dan juga elektrik starter, sepeda motor dengan Bore X Stroke berukuran 41 X 37.4 Berpendingin udara mampu memuntahkan daya kuda sebesar  6.5hp @ 6500 RPM dan torsi sebesar 5,3 lbs-ft @ 6000 RPM mampu melaju lebih dari 60 KM/Jam dalam kondisi standar. Jika ingin lebih kencang lagi, maka CDi yang dibatasi ( Restricted ) Perlu diganti dengan part aftermarket serta beberapa komponen lainnya untuk menunjang hal tersebut. Kapasitas bahan bakar pada awalnya hanya mampu menampung sebanyak 3 liter saja dan hanya mampu menempuh jarak 60 Mile jika dihitung dengan besaran kilometer. Maka untuk 3 liter bahan bakar pada Suzuki AE50 Hyper ini mampu menempuh jarak hingga 96,5 KM yang artinya per 1 liternya mampu menempuh 20 mile alias 32,1 KM. Sbebnarnya cukup irit akan tetapi beberapa pemilik diluar negeri sana mengeluhkan kapasitas tangki bahan bakar yang kecil, sehingga bebebrapa tahun berikutnay kapasitas bahan akar ditingkatkan menjadi 5 Liter. Berikut ini Spesifikasi dari Suzuki AE50 Hyper sobat duatak.com :

Engine Air-cooled two-stroke single cylinder
Displacement 49cc
Bore x stroke 41 x 37.4 mm
Max power 6.5hp @ 6500 RPM
Max torque 5,3 lbs-ft @ 6000 RPM I 0,73 kgm @ 6.000 rpm
Gearbox Automatic
transmission CVT V-belt Variator
Start-up Electric & kick Starter
Compression 7,4 : 1
Carburator Mikuni 12 SH I Mikuni PWS 14
fuel meter 3 Litre I 5 Litre
Frame tubular central
Front suspension telehydraulic fork
Rear suspension single shock absorber
Front brake drum
Rear brake drum
Front tire 2.75 – 10 (18Psi)
Rear tire 3.00 – 10 (25Psi)
Spark NGK BPR6HS
Max width 1650 mm
Max height 1080 mm
Ground Clereance 106 mm
wheelbase 1.195 mm
seat high 768 mm
Weight 66 KG I 84 KG
Available Color Black, White, blue, Red, Purple

Suzuki AE50 Hyper ini diciptakan sesuai dengan postur tubuh orang Asia, jadi di negara Non Asia beberapa orang mengeluhkan posisi duduk yang kurang nyaman sehingga menggantinya dengan Jok aftermarket. Untuk masalah Tuning, Polini menyediakan part aftermarket yang mampu mengail tenaga dari Suzuki AE50 Hyper hingga mampu melesat lebih dari 80 Km/Jam. Model ini sangat populer di Spanyol dan Italia. Setelah blusukan mencari harga jual kembali alias second dari Suzuki AE50 Hyper, maka dapat disimpulkan kalo skutik/moped ini masih cukup tinggi harga jual kembalinya kawan. terpantau di situs jual beli online luar negeri sana kisaran harga dari Suzuki AE50 Hyper ini berada direntang harga  $1.200 Hingga $2.300an yang jika dikonversikan ke dalam mata uang rupiah menjadi 16,4 juta hingga 31,5 juta. Hal ini tentu tergantung pada kondisi motor itu sendiri dan tentunya harga tersebut cukup fantastis untuk sebuah sepeda motor 2 Stroke berkubikasi 50 cc.

 

Jangan Lupa Bahagia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*