Honda Charlett/Charette Matic 2 Stroke Mini Idola Wanita Masa Itu

Kemaren udah bahas Honda Tact 50, Mimin pun tak ingin kalah. karna katanya dia juga dapat pinjaman unit matic mungil 2 Stroke, tapi matic yang akan dibawa Mimin ini lain daripada matic lainnya. Kalo kita liat matic pada umunya ya seperti yang kalian lihat, pokoknya yang ini bentuknya beda dari yang lain. Matic pasti dominan dengan skuter kan, naaahh!!!!….. ini matic emang mainstream alias beda dari yang lain kawan. Trrrreeeeeng…..Ngeeeeng…….Trrreeengteeeng…….Teeeng……Trrreeeeeng……. Lhaaa, pas banget nie. Baru juga diomongin datang orangnya. “Assalamu’alaikum”. ucap Mimin dari balik gerbang. Aku pun membalas ucapan salam Mimin: “Wa’alaikumsalam……. Masuk Min”

“Krrriiieeett……Krrreeekk…..” suara pintu gerbang terbuka dengan Mimin sambil menuntun motornya masuk ke pekarangan rumahku.

‘Wuuuiiiiiihhh!!!!!!!!!……… Asiek juga nie motor yang kamu bawa”. Ucapku sambil melihat-lihat motor yang dibawa Mimin.

“Yoooiiiii…… Bang!!!!!! Gimana, asiek kan??? Cocok buat jalan-jalan sore nie”. Balas Mimin dengan bangganya.

“Pastilah….. Lucu gini, cocok banget buat JJS” Balasku pada Mimin sambil mencoba riding positionnya.

Aku pun bertanya kembali pada Mimin: ” Honda 2 Tak apa ini Min????…….”

“Ini namanya Honda Charette, sekilas orang akan mengira kalo ini sepeda motor 2 langkah dengan transmisi percepatan. padahal nyatanya tidak.” kata Mimin sambil menunjuk kearah pijakan kaki kalo ndak ada pedal persnelingnya.

“Bener Min, kalo orang lihat pasti langsung dikira motor jenis Cub/Bebek ala Honda Monkey”. jawabku sambil menikmati ergonomi berkendara sepeda motor ini.

“kalo di negara asalnya sana dinamakan dengan Honda Charlett“, Ucapku kembali pada Mimin

“biar kata kapasitas mesinnya kecil 49 cc dengan ukuran Bore X Stroke 40.0 × 39.6 dan kompresinya sebesar 6,9:1 serta mampu memuntahkan daya kuda sebesar 3.6HP pada 6.500 RPM dan Torsi sebesar 0,44 kg-m pada 4,500 RPM. Desainnya mudah digunakan, dengan kerangka tipe underbone yang mudah dinyalakan dan dimatikan, ketinggian kursi rendah, pelindung kaki yang mencegah kaki kotor, dan penutup di sekitar mesin. Kalo untuk spesifikasi lengkapnya Abang bisa liat di blognya duatak.com disitua ada:

Honda Charette (NY50) Main Specifications

Overall length (m) 1.610
Overall width (m) 0.630
Height (m) 0.950
Wheelbase (m) 1.120
Minimum ground clearance (m) 0.110
Vehicle weight (kg) 71 (maintenance) 67 (dry)
Fuel economy (km / L ・ 30km / h constant driving test value) 65
Climbing ability (tanθ) 0.26
Minimum turning radius (m) 1.7
Fuel tank capacity (L) 3.8
Engine type Air-cooled 2-cycle single cylinder
Total displacement (cm 3 ) 49
Inner diameter x stroke (mm) 40.0 × 39.6
Compression ratio 6.9
Maximum output (PS / rpm) 3.6 / 6,500
Maximum torque (kg-m / rpm) 0.44 / 4,500
Lubrication method Separate lubrication type
Lubricating oil capacity (L) 1.2
Starting method Kick type
Clutch type Dry automatic centrifugal shoe type
Transmission type Continuously variable
Gear ratio 0.82 to 1.81
Reduction ratio primary 1.000
Reduction ratio secondary 3.181
Reduction ratio final 4.900
Frame format Low floor backbone type
Suspension system (Front) Telescopic type
(Rear) swing arm type
Brake type (both front and rear) Wire-type leading trailing
Tire size (both front and rear) 3.50-10-2PR

Jangan remehin CC nya yang kecil Bang, motor ini kalo diajak ke jalanan menanjak yang ndak begitu extrem berani aja, sebenarnya sepeda motor ini hadir untuk memenuhi kebutuhan mobilitas kaum perempuan. Akan tetapi ada juga kaum lelaki yang menggunakan kendaraan ini karna dirasa lebih praktis untuk menunjang keperluan mereka juga. Honda Charette pertama kali dipasarkan di Jepang sana dengan harga 99 ribu Yen pada Tahun 1978 tanggal 18 Mei,sedangkan di negara aslinya sana sekarang untuk harga secondnya tergantung kondisi mesinnya aja, kalo hasil berselancar di situs jual beli online di dunia maya kisarannya antara 30 ribu sampe lebih dari 60 ribu Yen. selisih haga bekasnya ndak beda jauh dengan harga jaman dulu waktu pertama dirilis ternyata nie Min. Honda Charette ini hadir dari tahun 1978 hingga akhir masa produksinya di tahun 2005, masa yang panjang untuk sebuah sepeda motor berkubikasi mungil.

“Yuuukzzz!!!!…. Bang kita JJS alias Jalan-jalan Sore”. Ajak Mimin padaku

“Lhaaaa???…. ini kan ndak bisa buat boncengan, rata-rata moped di Jepang singel seat”. jawabku pada Mimin.

“Yaeelllaaaahh!!!!…. Abang bawa Honda Tact, saya pake Honda Charette ini”. Jawab Mimin rada dongkol.

“Hahahahahaha…… Oke Min, Ayo kita cabut sekarang mumpung cuaca sedang bagus”. Balasku kembali.

Kami pun berjalan-jalan keliling kota sembari menikmati hiruk pikuk laju kendaraan dan menikmati indahnya sore dengan alunan nada deru khas dari knalpot 2 langkah kami.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*