Yamaha RZ 50 Mini Bike 2 Stroke Pesonanya Tak Lekang Oleh Waktu

Hari ini jadwal ngembalikan sepeda motor Matic 2 Tak, sekalian biar ndak dikira pindah haluan karna pake matic mulu hehehehehe……🤣🤣 Aku dan Mimin meluncur ke kediaman mbah Google untuk mengembalikan sepeda motor yang telah dipinjamkan pada kami. Singkat cerita, sampailah di kediaman mbah Google. Orangnya lagi diluar jangkauan alias di belahan dunia lainnya, biasa bisnis hahahahaha…… Sesampainya disana sewpeda motor ke gelandang menuju garasi yang gedenya ngelebihin hanggar pesawat. “Eeeehhh!!!!…… Ada Ujang nie”. Ucap Mimin dan kami pun serempak mengucapkan salam, “Assalamu’alaikum Jang” Mimin menyalami Ujang dengan senyum ramah ala iklan pasta gigi. Ujang Pun membalas Salam kami “Wa’alaikumsalam….. Eeeehhh!!! aya kang Santoso ama Kang Mimin.

“Ini Ujang, kami mau kembalikan motor pinjeman” Jawabku pada Ujang.

“Kebetulan Nie…. Tuch ada sepeda motor merk Yamaha yang siap buat dipanasin keliling kota, mumpung motor udah ready….. udah Ujang servis, siap gas wae kang”. Ujang membalas ucapanku.

“Pas banget nie Bang…… Apalagi bentuknya juga keren nie spseda motor Yamaha 2 Stroke“. Balas Mimin sambil memperhatikan sepeda motor yamaha yang akan kami pakai nanti.

“Jang….. Kamu kan sebagai kepala Garasi yang sering ngurusin ini motor, setidaknya tau dong sejarah sepeda motor ini”. Aku pun bertanya pada Ujang.

“Ashiiiaaap!!!!!….. Kang, mohon bantu koreksi kalo ada yang salah ataupun ada yang kurang mohon dibantu menambahkan ya”. Ujang membalas ucapanku sembari mempersiapkan 2 sepeda motor bermesin 2 langkah berkubikasi 50 cc berpendingn cairan.

Sepeda motor yang Akang semua bawa nanti adalah Yamaha RZ 50 dan pertama kali diluncurkan pada tahun 1981 serta sempat vakum beberapa tahun hingga tahun 1998 kembali dihadirkan ke khalayak ramai. Berikut ini daftar persebaran Yamaha RZ 50 kang :

KODE NAMA TAHUN NEGARA KOMENTAR
5R6 RZ50 1981 Jepang, Afrika Selatan
5R6 RZ50 1982 Jepang, Hong Kong
55N RZ50 1985 Afrika Selatan
1HK RZ50 1985 Jepang
5FC1 RZ50 1998 Jepang
5FC2 RZ50 2000 Jepang
5FC3 RZ50 2006 Jepang

Frame/Sasis dari Yamaha RZ 50 ini kode produksinya 5R6 dan 55N serta memiliki angka yang dimulai dengan 5R2 sebagai penomoran seri VIN. Bagian-bagian dengan nomor bagian yang dimulai dengan 5R2 dapat dilihat di berbagai bagian tubuh kendaraan.

CODE YEAR COUNTRY FRAME SERIAL
5R6 1981 Japan 5R2-0060101 ~
5R6 1981 South Africa 5R2-083504 ~
5R6 1982 Hong Kong 5R2-097726 ~
5R6 1982 Japan 5R2-098256 ~
55N 1985 South Africa 5R2-370101 ~

Di beberapa negara yang menjadi tujuan pemasaran  termasuk Jepang, Yamaha RZ 50 ini hadir sebagai pesaing dari honda MBX 50. Ditopang oleh Frame double cradle yang ringan, sangat kaku, berbekal mesin 49 cc silinder tunggal 2 tak dengan Bore x stroke: 40,0 x 39,7 mm mampu memuntahkan daya kuda sebesar 7,20 HP (5,3 kW)) @ 10000 RPM. Dipadukan transmisi 6 percepatan, tangkinya mampu menampung bahan bakar hingga 10 liter dengan konsumsi rata-rata 1 Liter mampu menempuh jarak hingga 62 KM dan tentunya dengan kecepatan 30KM/jam. Berikut ini spesifikasinya Kawan :

 

Engine Liquid-cooled two-stroke single cylinder
Displacement 49cc
Bore x stroke 40 x 39.7 mm
Max power 7,20 HP (5,3 kW)) @ 10000 RPM
Max torque 5,90 Nm (0,6 kgf-m) atau 4,4 ft.lbs) @ 8000 RPM
Gearbox 6-speed
Secondary transmission chain
Start-up kick
Frame double double cradle tubular steel
Front suspension telehydraulic fork
Rear suspension Monoshock absorber
Front brake DiskBrake
Rear brake drum
Front tire 70 / 100-17 40P
Rear tire 80 / 90-17 44P
Tank capacity 10 Liter ( 2.64 galon)
Dry Wheight 80 KG

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan pada saat itu untuk meminang sebuah sepeda motor Yamaha RZ 50 ini adalah sebesar 176 ribu Yen. Sedangkan untuk harga secondnya saat sekarang ini adalah direntang harga 196 ribu Yen hingga hampir 400 Ribu Yen. Artinya jika dikonversikan ke nilai mata uang rupiah menjadi sekitar 25 jutaan hingga 52 jutaan Rupiah. Malah naik yak dari harga aslinya hehehehehe…….🤣🤣 Dan Yamaha RZ 50 ini masa baktinya berakhir pada tahun 2005, tapi sempat menghilang sebentar dari peredaran, entah karna alasan apa??? masih menjadi misteri????……

“Kang Mimin Mau Pinjem Yamaha RZ 50 apa Honda MBX 50???……” Tanya Ujang pada Mimin.

“Setelah Memikirkan, menimbang dan memutuskan, akhirnya saya pilih pake Honda MBX 50 aja”. Balas Mimin dengan gaya-gaya ala Hakim pengadilan.

“Cocok Min….. Pas banget….. berarti abis ini giliranmu ngejelasin ke temen-temen yang biasa mampir ke duatak.com”. Balasku sekalian nodong Mimin Menjelaskan.

“Siyaaallll!!!!!……. Iya….Iyaaa….. Abis ini aku jelasin”. Balas Mimin dengan bersungut-sungut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*