Suzuki FZ50N Matic 2 Stroke Bercita rasa Unik

berhubung lagi musim corona gini ndak bisa pergi jauh dari rumah, apalagi jalan-jalan keluar kota. Akhirnya Mimin ama Abang Santoso Minjem motor ke rumahnya mbah Google. Setelah melewati rintangan terberat yaitu berhadapan dengan Bi Asih yang semok demplon, akhirnya bisa juga boyong bwa pulang motor pinjeman miliknya mbah Google. Pembahasan kali ini adalah Moped Suzuki imut 2 Tak yang hadir sebagai salah satu pesaing Honda Caren 50. Pada tahun 1978 Suzuki memperkenalkan spesifikasi baru motor bebek yang di Jepang disebut dengan ‘Youdy‘ adapula yang menyebutnya dengan sebutan ‘Rascal‘, dan ada juga beberapa negara melabelinya dengan Suzy tetapi  pada bulan April 1979 di Inggris diperkenalkan sebagai FZ50N dengan desain yang menawan.

spesifikasi mesin: bore 41 mm × 37,4 mm stroke kubikasi mesin 49 cc 2 Stroke, dengan rasio kompresi 7: 1, induksi reed-valve melalui karburator Mikuni 14 mm , untuk tenaga 3,2 bhp — yang mungkin terlihat sebagai output yang sangat mumpuni untuk sebuah performa moped komuter terbatas. Uniknya jika kita buka jok atau Pelana dari Suzuki FZ50N ini maka akan tampak pengisi tangki bahan bakar dan reservoir oli di bawahnya, Di bagian atas belakang tangki bensin terdapat port kaca dengan batang berwarna untuk menunjukkan ketinggian bahan bakar. Port kaca lainnya dipasang ke reservoir oli dua langkah dan terlihat melalui trim panel bingkai di bawah jok. Ada keran bensin yang dioperasikan dengan vakum di belakang tepat di bawah tangki bahan bakar, yang biasanya dibiarkan dalam posisi ‘ON’ sepanjang waktu, meskipun memiliki posisi ‘Reserve’ jika kehabisan.

Keunikan berikutnya ada pada kunci kontak Suzuki FZ50N ini, selain sebagai ON OFF untuk Ignition menyalakan atau mematikan mesin ternyata kunci kontaknya juga berfungsi sebagai saklar lampu utama dan juga sebagai kunci untuk kunci helm yang terletak di bawah sisi kiri belakang jok atau pelana. Kemudian posisi tuas pemicu choke berada di bawah kluster setang kiri, yang juga merupakan rumah bagi tombol klakson, sakelar indikator L –off– R , dan Lo – Hi – beam.

Untuk menyalakannya kalian harus menarik tuas rem belakang untuk menyalakan mesin Suzuki 2 Langkah 50 cc ini, uniknya sepeda motor ini dilengkapi dengan transmisi 2 percepatan. Transmisi otomatis dua kecepatan akan terasa sangat aneh bagi pengendara skuter modern, yang sudah barang tentu lebih akrab dengan sistem CVT dengan rentang datar yang konstan . Meskipun pengaturan mesin secara umum terlihat cukup mirip dengan skuter CVT modern , baru setelah Anda melangkah mundur ke mekanisme otomatis dua kecepatan mekanis gaya lama ini Anda akan menghargai betapa berbedanya dan khasnya pengoperasian yang sebenarnya. Suzuki tampaknya memiliki FZ50N yang jauh lebih ketat dengan rangka yang lebih kaku, penyangga suspensi belakang yang lebih berat, set garpu tautan utama yang kokoh, velg alloy-hub & pelek baja komposit 12 inci yang kokoh, dan ban kokoh dengan lebar 3,00 inci.

Untuk kecepatannya sendiri Dibatasi hingga 30 mph dan dengan transmisi otomatis, mesin menggunakan sistem pelumasan injeksi oli Suzuki CCI. Bedrikut ini Spesifikasi singkat dari Suzuki FZ50 kawan :

ManufacturerSUZUKIEngine TypeAir cooled 2 stroke cylinder crankcase main valve
Model NameYOUDYEngine Boot Mode
Style・TypeMaximum Horsepower3.2ps(2.0 kw)/5500rpm
Power ModeMaximum Torque0.5kg・m(4.9N・m)/4000rpm
TypeFZ50Total Weight(Dry Weight)56(Simulation)kg
Displacement49ccTotal Weight(Equipment Weight)– kg
Start Selling Year1978YearHorsepower Weight Ratio[56 / 3.2ps(2.0 kw)/5500rpm] kg/PS
Energy ConsumptionLength・ Height・Width– mm × – mm × – mm
Tank Capacity– LiterSeat Height– mm
Drive Distance[ – * – ]km(Simulation)Front Wheel Size
Fuel Supply TypeRear Wheel Size

Sedangkan untuk harga second alias bekasnya di pasaran dunia saat ini berdasarkan mata uang US Dollar berkisar mulai $400 hingga hampir $800 yang jika dikonversikan ke mata uang Rupiah antara 5,9 juta hingga 11,8 juta. masih cukup masuk akal untuk harga disana dan jangan tanya dach kalo sampe dimari bakal gimana hasilnya hehehehehe……😁 😁

Terima Kasih Dan Jangan Lupa bahagia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*