Honda Nova Dash RS 125 Ayago Kecil-Kecil Cabe Rawit sob!!!!


Assalamu’alaikum.
Haaayyy……… Sobat bikerz, masih bahas seputar 2tak nie semoga aja sobat bikerz ndak bosen bacanya hehehehehehe……. 😆 bhasan kali ini ke kubu Honda ya sobat bikerz. Jujur untuk Honda versi 2tak jarang banget orang yang tahu, bahkan sekelas pegawai AHM maupun beberapa Petingginya seakan sudah lupa dengan produk 2tak Honda. apalagi kalo produk tersebut masuk melalui jalur importir umum jelas sudah jangankan pihak AMH Indonesia bahkan orang awam pun makin banyak yang tidak tahu keberadaannya😁✌️. Artikel kali ini pengen ngebahas Honda Nova Dash 125 sobat bikerz.

Berawal dari Honda Nova Tena RS kemudian dilanjutkan dengan hadirnya Honda Nova Dash 125. Sepeda motor ini diperkenalkan pada khalayak ramai pada tahun 1996, Honda Nova Dash dilakukan perombakan besar-besaran oleh A.P Honda (ATPM Honda Thailand) pada Honda Nova Dash kala itu, Seperti kubikasi mesin yang meningkat dari 110cc menjadi 125cc, kemudian ada penambahan liquid-cooled atau radiator sebagai pendingin mesin, Transmisi 6 speed khusus pada Type Honda Nova Dash 125 RS), serta beberapa sentuhan desain baru. Tak hanya itu saj sobat bikerz, Nova Dash juga kembali mengalami Refreshment atau peremajaan pada tahun 1998 dan diberi nama New Nova Dash RS125. Motor pernah masuk ke Indonesia pada era Millenium lewat jalur IU (Importir Umum).

Dari sisi desain terlihat sekali aroma sport 150cc yang fenomenal Honda pada saat itu yakni NSR150SP sangat kental terasa di Nova Dash ini. Mungkin karena hal tersebut lah si Nova Dash RS 125 dikatakan sebagai turunan dari Honda NSR 150 Sp padahal sebenarnya Honda Nova Dash ini merupak Peningkatan dari Honda Tena pa


da saat itu. Sedikit kilas balik sejarah ini Sobat bikerz, Honda nova Dash diawali dengan hadirnya Honda Nova Dash R 125 motor ini hanya berbeda pada sistem Transmisi percepatan yang hanya 5 speed dan rem belakang teromol. Kemudian hadirlah Nova Dash RS 125 desain stoplamp belakang membulat sekilas mirip banget dengan Honda NSR 150 RR Astra, Transmisi 6 percepatan dan sudah mengaplikasikan cakram belakang sebagai penghenti laju ban belakang. Selanjutnya Hadir Honda Nova Dash SE 125 alias Special Edition merupakan edisi transisi sebelum New Nova Dash 125 keluar, update yang ada pada motor ini dibanding pendahulunya ada pada bahel rear grip sudah tidak menggunakan besi bulat, perbaikan design lampu belakang, penonjolan sasis deltabox pada seri SE karena model shroud dibuat agak naked dan yang paling akhir hadir dengan penyegaran berupa livery Repsol.

Sektor mesin, menggendong mesin 125cc 2tak berpendingin cairan alias Liquid Cooled, dengan kompresi 7.0:1 dan disuplai oleh pengabutan Karbu PE24. Ayago underbone 2tak ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 22.0 PS atau setara dengan 21,56 HP, kemudai untuk menekan kadar CO yang tinggi di motor 2tak kala itu, A.P Honda Thailand juga menambahkan Catalytic pada knalpot Nova Dash. Boleh dibilang Honda Nova Dash ini cukup kencang dan performanya sangat maknyoozzz pada masanya. Nova Dash ini bisa dibilang generasi terakhir dari klan Nova 2tak. Karena pada sekitar tahun 2000-an dimana sudah ditetapkan Euro 2 untuk emisi gas buang, generasi Nova digantikan dengan mesin 4tak yaitu Nova Sonic. satu hal lagi dengan tenaga sebesar itu disokong oleh Frame twinspar atau deltabx layakanya Honda NSR 150 Sp.
Berikut ini spesifikasi dari Honda Nova Dash RS 125 sobat bikerz:
Engine : 2-Tak, Single-Cylinder, Liquid Cooled, Crankcase Reed Valve
Bore x Stroke : 55 x 52 mm
Kapasitas Silinder : 123,5 cc
Sistem Penyuplai BBM : Karburator Keihin PE 24
Rasio Kompresi :   7,0 : 1
Transmisi : 6 Speed
Ignition : Electronic CDI Unit
Max Power : 22 PS (21,56 HP) @ 9.000 RPM
Max Torsi :  1,83 Kgf/m (18,3 N.m) @ 8.000 RPM

Panjang x Lebar x Tinggi : 1833 x 650 x 966 mm
Jarak Sumbu Roda : 1355 mm
Berat Kosong : 102 Kg

Frame : Alumunium Twinspar Frame
Suspensi Depan : Teleskopik Fork
Suspensi Belakang : Monoshock, Swingarm
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Ban Depan : 70/90 – 17
Ban Belakang : 80/90 – 17

Pasaran Honda Nva Dash RS 125 saat ini sangat gelap sobat bikerz, bukan gelap dalam artian harganya yang terjun bebas justru sebaliknya kini harga Honda Nova Dash RS 125 naik drastis. jangan heran bila harganya sekarang bisa tembus diangka 40 jutaan dengan kondisi yang sangat terawat dan ciamik sobat bikerz. jauh lebih mahal dari motor Ayago yang hadir di masa sekarang ini hehehehehe…… 😆 jadi buat yang pengen meminang ini motor ya kudu punya taste dulu di motor 2tak, kemudian kudu siapin kocek yang tebal karna harga untuk menebus unitnya M.A.H.A.L, sedangkan urusan sparepart saat ini sudah banyak juragan yang bisa menyediakan sparepart Honda Nova Dash RS 125 dan tentunya belilah pada juragan yang terpercaya.
Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Honda LS 125 Si Mungil Dengan Performa Garang – balimotorider Blog
  2. Suzuki VanVan RV90 Let’s Have Fun gaeezzz!!!…. – balimotorider Blog
  3. Derbi GPR 125 2 Stroke Idaman Remaja Negeri Matador Spanyol – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*