Kawasaki Leo Star 120 Ayago Terlupakan Yang Kini Jadi Incaran Collector 2Tak


Assalamu’alaikum.
Haaayyy…………… Sobat bikerz, dari kemaren bahasnya motor 2tak mulu, terutama beberapa hari terakhir ini bahasnya Ayago 2tak. kemaren sudah bahas Yamaha Tiara S 120 sebelumnya ngebahas Honda Nova Dash 125, ngomong-ngomong geng ijo alias Kawasaki punya Ayago andalan 2tak ndak ya??….. Ternyata Kawasaki punya Ayago andalan juga lho sobat bikerz. Yaappzzz…… Kawasaki pernah menelurkan produk ayago 2tak yaitu kawasaki Leo 120, sayangnya saya masih ngumpulin info si Kawasaki Leo 120 dan yang pengen saya bahas kali sang penerus dari Kawasaki Leo yaitu Kawasaki Leo Star SSR.  Kawasaki Leo ini diproduksi menjadi 2 versi, yakni Leo SE (PDK-Tsukigi) dengan masa bakti dari tahun 1995-2003 dan Leo Star SSR lansiran 2003-2005. Namun disayangkan motor ini hadir secara CBU di Indonesia otomatis keberadaannya sangat langka.Kawasaki Leo Star adalah motor ayago yang dilahirkan pertama kali tahun 2003 hingga masa baktinya berakhir di tahun 2005 silam. Secara basis, Leo Star adalah sosok refreshment atau peremajaan dari Produk sebelumnya yang berjuluk Kawasaki Leo. Terlahir sebagai produk peremajaan, Apa yang ada dalam diri Kawasaki Leo Star pastinya lebih baik dibanding generasi sebelumnya dan salah satunya adalah sektor tampilan. Dipadu dengan Suspensi Teleskopik, Mesin tegak 2-stroke, Monoshock, Velg cast-wheels, Dual-Disc Brake tentu menjadikan kawasaki Leo Star ayago mumpuni yang siap menjegal produk ayago lainnya pada masa itu. Selain itu sektor kaki belakang sudah menggunakan suspensi monoshock beda dengan sang kakak Kawasaki Leo masih memakai shock belakang model stereo. Belum lagi satu set velg dan arm/lengan ayun belakangnya itu sobat bikerz, mirip banget dengan lengan ayun Ninja 150 RR, termasuk juga velgnya. Posisi setang jepitnya mirip dengan Suzuki Satria FU 150, masih bersahabat untuk harian atau turing. Jarak pijak ke tanah si Kawasaki Leo Star ini juga rendah sobat bikerz.

Beralih ke sektor mesin Kawasaki Leo Star dibekali dengan dapur pacu 2-Tak, 120cc, Reed-Valve, dan amsih menggunakan pendingin udara layaknya Yamaha Tiara S 120. Sayangnya edisi Kawasaki Leo Star SSR powernya hanya mampu tembus 17 PS saja, Akibat tak lagi disuplai oleh PDK sebagai penyuplai part Kawasaki diawal kehadiran Kawasaki Leo SE 120. Pada bagian pengabutan disuplai oleh Karburator Mikuni VM22. Sedangkan Torsi yang mampu diraih San Leo Star adalah 14,1 N.m @ 8.000 RPM bahkan dengan daya yang dihasilkan hanya 17ps namun jangan salah sobat bikerz, motor ini mampu melaju hingga topspeed 180km/h aje gilee….. Berikut ini spesifikasi dari Kawasaki Leo Star sobat bikerz:
Manufaktur : Kawasaki
Model : Leo Star 120 (Leo Star SSR)
Tahun Pembuatan : 2003 – 2005

Engine : 2-Tak, Single-Cylinder, Air-Cooled, Reed Valve
Bore x Stroke : 54 x 51,9 mm
Kapasitas Silinder : 118,6 cc
Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM22
Rasio Kompresi :  7,3 : 1
Transmisi : 6-Speed
Ignition : DC-CDI
Starter : Kick Starter
Max Power : 17 PS @ 9.000 RPM
Max Torsi : 14,1 N.m @ 8.000 RPM
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.935 x 640 x 965 mm
Jarak Sumbu Roda : 1280 mm
Jarak Terendah ke Tanah : 120 mm
Tinggi Jok : 755 mm
Berat Kosong : 97 Kg
Kapasitas Tangki BBM : 4,6 Liter

Frame : Tubular Steel Backbone
Suspensi Depan : Teleskopik Fork, Oil Damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Bottom Link Uni-Trak Monoshock
Rem Depan : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Kaliper 2 Piston
Ban Depan : 70/90 – 17
Ban Belakang : 80/90 – 17

Sepeda Motor Ini menjadi buruan para collector 2tak, desain Ayago yang everlasting ditunjang tenaga yang mumpuni. Tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para collector. Untuk info harga yang saya dapatkan dari suhu 2tak adalah untuk yang No Paper alias tanpa surat penggunaan untuk trackday aja tembus 15jt kloa full ori pastinya diatas 25juta nie sobat bikerz. Monggo bag pemilik Kawasaki Leo Star bisa berbagi info soal motornya biar lebih lengkap nie artikel saya termasuk part subtitusinya. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

Kawasaki Leo Star Wannabe…. banyak yang ndak nyadar kalo ini kaze R

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*