KTM Hadirkan 2Tak Modern Bebas Polusi Dengan performa Tetap Mumpuni

follow
Assalamu’alaikum.
Haaaayyyy…….. Sobat bikerz, kembali lagi bahas 2tak dan kali ini mau sedikit ngebahas soal produk dari KTM inul asal Austria. Tentunya produk yang terkenal adalah sepeda motor garuk tanah alias Motor Trailnya, KTM untuk saat ini telah bekerja dengan sangat intensif dalam mengembangkan sepeda motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi alias electronic fuel injection (EFI). Rencananya dua tipe motor enduro 2-stroke yang akan mendapatkan sistem EFI adalah KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC. 


Kalau melihat kondisi Indonesia yang masih menerapkan standar regulasi emisi Euro 3, sepertinya pasar Indonesia masih akan mendapatkan KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC dengan sistem pembakaran karburator karena versi injeksi hanya dipasarkan di negara-negara yang memang sudah menerapkan regulasi Euro 4. Mungkin kita harus bersabar dulu sampai Indonesia menerapkan regulasi Euro 4 jika ingin mendapatkan KTM 250/300 EXC EFI.

Ini merupakan hasil pengembangan luar biasa dari KTM. Kami sudah mengembangkan mesin 2 tak injeksi cukup lama dan goal kami menciptakan motor kompetitif dengan segala kelebihan full injection yang kami kawinkan dengan mantra Ready to Race. Perjalanan panjang serta melelahkan saat pengembangan. Kami sangat termotivasi menemukan teknologi pertama didunia untuk mesin 2 tak. Kami tidak sabar merilis line up terbaru mesin 2 tak untuk EXC 250 dan 300 TPI dibulan Mei 2018…“seru KTM via rilis.

TPI yang merupakan Kunci dasar dari mesin kedua produk ini dan TPI merupakan Kepanjangan dari Transfer Port Injection . Sistem ini merupakan sistem Injeksi 2 tak yang di kembangkan oleh pabrikan KTM bersama dengan spesialis sistem Injeksi SYNERJECT. laborasi keduanya bukan hanya menghasilkan mesin yang memiliki emisi bersih namun menghasilkan kerja performa yang konsisten dimana powernya semakin baik. Engine management system bergungsi untuk mengatur sistem injeksi dan pengapian yang dikontrol oleh ECU buatan Synerject. Posisinya diletakkan dibawah jok, sensor yang terlibat dalam ECU ini antara lain ada sensor tekanan udara di intake yang posisinya terletak di silinder bagian belakang dan diluar, TPS, suhu, oli serta air radiator. KTM menghadirkan pengabutan double injector, jikan melihat silindernya, maka di sisi kiri dan kanan kini ada 2 buah injektor yang semburannya mengara kebagian brlakang lubang transfer. Setelah tersembur maka bensin akan bercampur dengan udara dan oli yang masuk melalui throttlr bodi. Baru kemudian selanjutnya terdoronf kruk as sekaligus tersedot piston saat langkah hisap kr ruang bakar. Tentunya bensin yang terdorong menggunakan pompa yang ada di motor ini.


Keunggulan lainnya adalah sepeda motor 2tak ini tidak perlu repot mencampurkan oli samping ke tangki bahan bakar, cukup tuang oli samping ke wadah/tabung yang telah disediakan secara terpisah kemudian oil pump yang digerakkan secara elektronik akan mencampurkan oli samping dengan lebih presisiOli samping masuk ke mesin lewat throttle body dengan sebuah injektor kecil, yang kemudian akan masuk ke crank case untuk melumasi bearing, silinder dan sebagainya.
Selain itu hadir juga fitur E-Stater yang menngunakan baterai Li-Ion yang sangat ringan kemudian perangkat pengeremannya didukung oleh Brembo ditambah lagi fitur kopling hidrolik yang bisa mengatur secara otomatis. Suspensi depan dipercayakan pada WP XplorPDS Shock.
Sedangkan untuk harganya sendiri KTM memberikan banderol harga yaitu untuk KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI ( Off The Road ) adalah :

  • KTM 250 EXC TPI : Rp.149 Juta ( Off The Road )
  • KTM 300 EXC TPI : Rp.163 Juta ( Off The Road )
  • Harga yang cukup fantastis untuk sepeda motor hobi, tapi kalo udah urusan hobi jangan tanya dach pasti siap wae yang emang penghobi. Well…. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
  • Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

*