Eksotisme Yamaha R1-Z Naked Sport 250CC 2Tak Yang Siap Mengintimidasi Lawan


Assalamu’alaikum.
Haaaayyy……. Sobat Bikerz, bagi para bikers asli negeri Matahari alias Jepang atau yang tinggal dan menetap di jepang pasti seneng banget nie karna banyak juga sepeda motor 2 Stroke yang keluar hanya untuk pasar dalam negeri yang biasa disebut sebagai Japan Domestic market. Hari ini isi warung akan ngebahas salah satu sepeda motor 2 Tak bikinan pabrikan Jepang yang hanya ada dipasar Jepang saja tentunya. Pabrikan berlogo garputala Yamaha pernah menghadirkan Seri Yamaha R1 Z 2 Langkah. Walaupun namanya terdengar mirip dengan sodaranya yang terkenal yaitu Yamaha R1 tapi sepeda motor ini cuman bersilinder ganda 2 Tak sobat bikerz dan tentunya perbedaan ini bisa dikatakan kayak langit dan bumi, tapi tetep aja mesinnya jahat dan ganazzz.
Yamaha R1 Z adalah Produk seri  source url Naked-Bike dari Yamaha yang pertama kali dirilis pada tahun 1990, hingga kemudian di stop produksinya pada tahun 1993. Bila melihat dari segi tampilan pasti banyak yang akan mengira kalo ini Suzuki Bandit series, padahl aslinya ya jelas bukanlah. Kalo boleh dibilang ini merupakan seri Naked bike nya Yamaha TZR 250, jika pabrikan lain membuat versi Naked dengan hanya menanggalkan fairing saja, maka hal ini tidak berlaku bagi Yamaha R1 Z 2 Tak ini sobat bikerz. Liat aja Frame/rangka yang digunakan sangat jauh berbeda dengan Yamaha TZR 250. Perhatikan bagian yang paling mencolok adalah Frame Tubular-Trellis nya, yang membuat motor ini nampak lebih kekar dan sadis. Berbeda dengan TZR 250 yang dibekali dengan frame Alumunium Deltabox khas Yamaha. kemudian pada sisi depan nempel Part Suspensi Depan Teleskopik berukuran besar dengan Adjustable dan sudah dilengkapi Double Disc depan untuk menghentikan laju ban depan, Swingarm Alumunium plus Stabilizer.

Turun ke bagian bawah tangki ada seglondong mesin 247 CC twin silinder Dibekali dengan Yamaha Powervalve System ( YPVS), berpendingin cairan yang merupakan pengembangan dari mesin Yamaha 3MA yang biasa digunakan di Yamaha RD250LC atau TZR250 sobat bikerz. Dengan berbekal mesin tersebut Yamaha R1 Z 2 Stroke ini mampu memuntahkan daya kuda sebesar  45 HP @ 9.500 RPM dan Torsi sebesar go to site  38 N.m @ 8.500 RPM, karna sepeda motor ini hanya dipasarkan untuk dalam negeri maka besaran tenaga tersebut sudah dikebiri alias diberikan limit hanya sebesar itu terkait regulasi di Negara Jepang sana. Ya…. kalo UnRestricted alias tanpa limiter bisa tembus diatas 50 HP tuch tenaganya, tapi tenang aja….. Walaupun oupot power dikebiri nyatanya Yamaha R1 Z ini mampu melesat hingga diatas 200 KM/Jam dengan bobot motor yang hanya 133 KG saja tentu bakal Narik banget saat dibejek Throttle gas nya heheheehehe….. 😀 😆 Seperti biasa ndak afdol kalo ndak ada spesifikasi lengkapnya, oke… in spesifikasi lengkapnya sobat bikerz :

Model

Yamaha R1-Z

Year

1990 – 1992

Engine

Two stroke, parallel twin cylinder

watch Capacity

247 cc / 15.1 cu-in
Bore x Stroke 56.4 × 50.5mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 6.4:1

click here Induction

Carburetor

Ignition 

CDI
Starting Electric

Max Power

45 hp / 33.5 kW @ 9500r pm

Max Torque

3.7 kg-m @ 8500 rpm
Clutch Wet multi-plate

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain

Front Suspension

Telescopic

Rear Suspension

Swinging arm

Front Brakes

2x discs

Rear Brakes

Single disc

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/70-17
Seat Height 755 mm / 29.7 in

Dry Weight

133 kg / 294 lbs

Fuel Capacity 

17 Litres / 4.5 US gal

Baca Juga :

Sayangnya karna sepeda motor 2 Stroke ini hanya Produk untuk pasar dalam Negeri Jepang saja jadi pihak Yamaha Jepang tidak merilis untuk negara lain, tapi ternyata Yamaha R1 Z ini bikin para bikerz Inggris sana panas dingin. Hingga akhirnya populasinya cukup banyak di Inggris sana, bisa jadi masuk dengan jalur Importir umum. kalo di Indonesia kira-kira ada ndak Ya Sultan yang nyimpen ini motor di garasinya???…. time will tell wae lah, ntar kalo ada juga ditongolin ama Sultannya di sosial Media hehehehehehehe…. 😆 😀 motor ini sekarang pun menjadi buruan para kolektor karna tak hanya mesinnya yang garang tapi secara tampilan pun mengesankan aura yang mengintimidasi sebagai Naked Sport 250 cc 2 Tak. Oke sekian dulu ya sobat bikerz… Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

4 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cagiva Planet 125 Naked Sport Seksi Asal Negeri Pizza Italiano – balimotorider Blog
  2. Yamaha RD 250 LC Idaman Dan Incaran Para Remaja Inggris Pecandu Kecepatan – balimotorider Blog
  3. Sejarah Dan Spesifikasi Honda NSR 250 Series ( Bagian 1 ) – balimotorider Blog
  4. Sejarah Dan Spesifikasi Honda NSR 250 Series ( End Chapter ) – balimotorider Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*