Kawasaki A1 Samurai Melesat Cepat Dalam Persaingan Sepeda Motor 2 Tak Di Era 60an

Selasa 25 Desember ini, mumpung menikmati liburan. Kusengaja menyempatkan diri untuk mampir ke rumah mbah Gugel, kali ini ingin membawa https://daraltanmya.com/2019/09/16/am-besten-bewertete-online-dating-websites Kawasaki A1 Samurai, tapi keduluan dipinjem ama Mimin. Sepeda motor ini merupakan salah satu karya dari pabrikan geng ijo yang unik ini kawan. Tak lupa pula ku ucapkan selamat Natal dan Tahun baru bagi kawan-kawan yang beragama Kristiani serta selamat Galungan dan Kuningan bagi kawan-kawan yang beragama Hindu.  Di tahun 60 hingga awal millenium banyak pabrikan berlomba-lomba melakukan inovasi pada produk yang mereka buat. Berhubung motor yang kupinjam tidak ada jadi segera kupacu dengan santai menuju rumah Mimin. Ternyata sesampainya di rumah Mimin, eeehhh!!! Itu bocah lagi keluar dengan Hayati. Akhirnya aku pun pulang ke rumah, kali ini biarkan Mimin yang bercerita.

Bang….. Tumben nie ngajak Jalan?? Ucap Hayati. Iyaa….. Mumpung lagi libur kerja hari ini, balas Mimin. Emang mau kemana Bang??…. Kita ke makan ke warung somaynya Mang Dadang ya….. Aku ngikut kemana abang pergi aja…. Emang kalo Abang pergi ke jurang mau ikut???…. Yaaa ndaklah, kan aku sekarang dibonceng ama abang. Setelah beberapa saat mengitari kota menikmati jalanan kota yang cukup lengang, sampailah sepasang sejoli ini di warung Somay nya Mang Dadang. setelah memakirkan kendaraan, mereka mencari tempat duduk dan dihampiri oleh Mang Dadang.
ciyeeehh!!!…. yang lagi jalan berdua, mau pesan Somay apa mau utang?? 🤣🤣🤣
Aseemmb!!!…. mang Dadang malah bongkar rahasia. Saya pesan Somay 2 porsi dan es kelapa mudanya 2 ya… tenang, saya bayar Mang.
Iyaa…. Min, gitu aja sewot dibecandain ama Mang Dadang. Ya udah saya bikinkan dulu.
Itu get link Kawasaki A1 Samurai punya siapa Bang?? kata Hayati
Ohhh!!!…. Biasa minjem punya mbah Gugel Yank, balas mimin
hati-hati Bang jangan sampe rusak, motor orang lhoo….
iya Yank…. Aku tau, lagian kan aku juga ndak bakal ngebut bawa motornya.

Kawasaki A1 Samurai follow url 2 Stroke mulai dikenalkan pada bulan Mei 1966.  Motor 250cc twin parallel dengan katup rotari atau disebut juga dengan Twin Straight Valve ini memiliki performa yang luar biasa sehingga sangat masuk akal jika Kawasaki mengembangkannya menjadi versi balap bang, sebelum seri ini sudah lebih dulu hadir Kawasaki W1. Sayangnya penjualan tidak laku dan kalah saing, sehingga Kawasaki mengganti dengan Seri A1 Samurai ini. sedangkan versi balapnya itu Kawasaki A1R.
Alamaak!!!…. Pacar abang paham juga motor Tua beginian…. Terus…. Teruss…. Apalagi Yank??
ini pesanannya Min…. Silahkan dinikmati, sela Mang Dadang saat mimin bertanya…. makasih Mang balas Mimin dan Hayati.

Yukkzz!!… Sambil maem Yank, kasian dianggurin somay nya. Hayati kemudian melanjutkan ucapannya: Kawasaki go here A1 Samurai ini uniknya menggunakan 2 buah katup Rotary valve yang diinjeksikan oli pada mesinnya. Jadi Motor A1 Samurai dilumasi oleh sistem Superlube, dengan oli samping yang langsung disuntikkan ke saluran intake. Posisi karburatornya pun unik Yank, tuch…. Perhatiin aja ada ndak dibelakang mesin Twin parallelnya???
Eeehhh!!!…. Iya ya….. karbunya taruh dimana ya???
Karburatornya berada di sisi kiri dan kanan yang tertutup Bak mesin dan sejajar dengan poros engkol. Karburator ditutup dan dilindungi oleh elemen penutup karburator yang dipasang pada bak mesin. Di dalam masing-masing karburator terdapat penutup cakram.  Rotary disc valve ditempatkan di dalam penutup itu. Dengan menggunakan sistem tersebut, mesin 247CC 2 Langkahnya mampu menghasilkan tenaga kuda sebesar  31 hp / 22,6 kW @ 8000 rpm dan bobotnya yang hanya  154 kg kemudian ditunjang dengan transmisi 5 percepatannya mampu melesat lebih cepat dibandingkan 
Pesaingnya saat itu.

Selain itu pengapian mesinnya sudah mengadopsi CDI, jadi ndak perlu repot-repot setel platinanya lagi. Saingan dari Kawasaki A1 Samurai ini ada Honda Dream CB250 dengan tenaga kuda sebesar 30 hp mampu melesat dari posisi  0-60 (96km/jam) dalam 7,6 detik, Kemudian Suzuki T250 Hustler dengan raihan tenaga kuda sebesar 33 hp. 0-60 mph (96km/jam) dalam 7,2 detik dan pesaing terakhir adalah Yamaha DS6 yang memilik daya kuda paling kecil hanya 28 Hp, akan tetapi dari 0-60 mph hanya memerlukan waktu 6,5 detik. Nie…… Yank, spesifikasi lengkap kawasaki A1 Samurai, sambil menyodorkan hape ke Mimin :

Make Model

Kawasaki 250 A1 Samurai

Year

1966 – 68

Engine

Two-stroke, parallel twin, 2 rotary inlet valves

Capacity

247 cc / 15.1 cu-in
Bore x Stroke 53 x 56.0 mm
Cooling System Air cooled
Compression Ratio 7.0:1

Induction

Carburetor

Ignition 

Capacitor discharge ignition
Starting Kick

Max Power

31 hp / 22.6 kW @ 8000 rpm

Transmission 

5 Speed  
Final Drive Chain

Front Suspension

Inner-spring telescopic fork

Rear Suspension

Shock absorber and swing arm

Front Brakes

Drum

Rear Brakes

Drum

Front Tyre

3.00 -18

Rear Tyre

3.25 -18

Wet Weight

154 kg / 339.5 lbs

Fuel Capacity 

13.5 Litres / 3.57 US US gal

Waaahh!!!!…. Hebat ya, Kawasaki sebelum menciptakan Ninja lebih dulu menciptakan pedangnya yaitu Samurai, ucap Mimin. Naaahh kan….. Sayang salah Lagi, Samurai itu Kasta/tingkatan Ksatria dari pemilik pedangnya. Sedangkan pedangnya sendiri ya bukan Samurai namanya katana ada juga Gunto yaitu pedang militer Jepang peninggalan era perang dunia ke 2, balas Hayati. Hehehehe….. 😁😁✌️ jadi malu nie, Ternyata Ayank Hayati nggak cuman ngerti soal motor 2 Taktapi juga paham dengan yang bau-bau Jepang…. Kalo di Indonesia berapa ya harganya?? tanya Mimin. Waduuh!?!?!…. Bingung juga Yank, soalnya belum pernah liat di situs jual beli online dalam negeri, kalo di luar negeri kisaran $1.800 dollar sampe bisa diatas $3.500 Dollar, kalo di rupiahkan antara 26 jutaan sampe 51 jutaan Yank, jawab Hayati. Iya juga sich….. Nunggu aja Yank, ntar kalo unitnya ada biasanya nongol dikolom komentar hehehehe…. 😁😁 balas Mimin.
Yukzz… Pulang yank, ntar keburu maghrib
ayook!!!!…. Eeehhh!!! aku bayar ke mang Dadang dulu ya yank…masa Maen ngacir gitu aja??? Ntar dilempar panci somay beserta isinya lagi
yo wes…. Sini Kuncinya!!!… Gantian aku yang bawa motornya sampe rumah ya Yank. pengen ngerasain sensasi Rotary Valve Twin
Aseeekk!!!…. Mantap Jiwa punya pacar kayak kamu.
makasih Yank…..😊😊

 

Yaapzzz….. Plot/alur Cerita diatas adalah imajinasi liar penulis semata, akan tetapi untuk informasi sepeda motor yang diceritakan adalah berdasarkan data teknis sebenarnya. Terima kasih.

Jangan Lupa Bahagia.

 

2 Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Yamaha RX 100 Pembuka Jalan Klan RX Series Di Indonesia - Dua Tak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*