Suzuki GP 125 Motor Tangguh Dan Handal Andalan Kawula Muda Zaman Dahulu

Seperti biasa…. Sore ini kami yang sedang asiek berkumpul sambil ngobrol ngalor ngidul membicarakan dari hal yang penting dan tentunya berujung pada yang ndak penting. “eeehhh!!!!…. Denger-denger si Rojak semalem abis Test motor dia” Kata mimin. “Test Motor apa Min??…. Kau ini kalo bicara yang jelas jangan setengah-setengah”, balas Tigor dengan logat Bataknya yang kental. “Biasalah…. Rada-rada bau Balapan Liar”, Balas Mimin kembali. “bawa Motor Siapa si Rojak Min???…..” Kataku.

“kurang paham Bang, Tapi semalem katanya uji coba antar motor Tua…. Kalo ndak salah Bang Rojak Pake Suzuki GP 125” Jawab Mimin.

“Lhaaa…. Musuhnya pake motor apa???” tanyaku pada Mimin.

“Pake follow link Yamaha RX 125 Engkel Bang” Jawab Mimin Kembali.

Siapa yang menang??…. ” Balas Tigor

Ternyata yang diomongin pun tiba juga dengan mengendarai motor kesayangannya. “Assalamu’alaikum!!!…..” Sapa Rojak pada kami. Kami pun serempak menjawab…… “Wa’alaikumsalam”. “Gimana Jak??? Sehat??….” tanyaku pada Rojak. “Sehat Breeehh!!!….” Balas Rojak.

Wuuiihhh….. Kudengar semalam kau abis test motor ya???…. Kata Tigor.

Ya Gitulah Bang Tigor….. Jawab Rojak.

“Terus Siapa Yang menang???…..” Kata Tigor kembali.

“Yaa… Kagak ada Bang, cuman test doang…..” Balas Rojak Kembali.

“Gimana????…… Enak kah tarikannya???…. Tanya Tigor kembali.

“Kalo itu jangan ditanya Breehh…… Mantap nian”, kata Rojak.

“Kau ceritalah…. sama kita-kita disini” Kata Tigor.

Okee Breeeh!!!… jadi gini, semalem itu aku disuruh test motor Suzuki GP 125. Bukan motor korekan, malah ini motor restorasi Breehh!!!! Ownernya temen Gue. Minta tolong ke Gue buat nyobain motornya, kali aja ada yang kurang. Suzuki GP 125 sebenarnya di akhir tahun 1979 memasuki 1980-an Suzuki meluncurkan go site Suzuki GP 125 yang termasuk motor yang menarik dari segi penampilannya. Tidak hanya itu, kemampuan motor ini pun sangat baik dan bertenaga. Sehingga mampu bersaing dengan motor 2 Tak lainnya. Suzuki GP 125 juga sangat nyaman dikendarai, dan mampu melesat dengan waktu yang singkat. Motor ini pun sering disertakan dalam ajang grasstrack di berbagai daerah di Indonesia. Dapat dikatakan Suzuki GP 125 ini di negara lain merupakan versi murah dan ekonomis dari Suzuki GT125 / RG125. Nama model GP tampaknya diadopsi dari dunia balap (Grand Prix). Perbedaan terbesar antara RG125 / GT125 keluaran tahun 1978 dengan GP125 adalah bahwa RG memiliki mesin kembar alias 2 silinder segaris dengan katup buluh/membran piston, sedangkan GP 125 hanya mengandalkan sebuah mesin silinder tunggal dengan katup cakram putar alias Rotary Disc Valve.

Berbicara soal mesin dari Suzuki GP 125, mengandalkan mesin berkapasitas 123 cc silinder tunggal 2 Langkah dengan ukuran Bore X Stroke source link  56.0 x 50.0 mm. Kemudian untuk pengabut bahan bakar menggunakan sebuah karburator  Mikuni VM 24 SS mampu menghasilkan daya kuda sebesar 15 hp @ 8500 rpm dan Torsinya mampu meletup hingga 12.7 Nm / 1.3 kgf-m / 9.4 lb-ft @ 7500 rpm serta sanggup melesat hampir 130 km / jam. Terbilang kencang untuk ukuran sepeda motor 125 cc 2 Stroke pada jaman itu. “Ini data spesifikasinya…..” sambil menyodorkan hape ke kami. “Lumayan ini bisa aku copas”, balas Mimin. “Yaeeelaaahhh!!!!….. Min, jangan ditanya kalo itu!!!” Balas Rojak.

Make Model

Suzuki GP 125

Year

1978 – 83

Engine

Two stroke, single cylinder, rotary disc valve

Capacity

123 cc / 7.5 cu in

Bore x Stroke

56 x 50 mm
Compression Ratio 6.8:1
Cooling System Air cooled

Induction

Mikuni VM 24 SS

Starting

Kick

Max Power

11.2 kW / 15 hp @ 8500 rpm

Max Torque

12.7 Nm / 1.3 kgf-m / 9.4 lb-ft @ 7500 rpm

Clutch

Wet, multi-plate

Transmission

5-Speed, constant mesh

Final Drive

Chain

Front Suspension

Telescopic fork, oil dampened

Rear Suspension

Swingarm, twin shocks, coil springs

Front Brakes

Disk Brake

Rear Brakes

Drum

Front Tyre

2.75-18

Rear Tyre

3.00-18

Dimensions

Length: 1895 mm / 74.6 in
Width:     750 mm / 29.5 in
Height:  1055 mm / 41.5 in

Wheelbase

1235 mm / 48.6 in

Dry Weight

101 kg / 222 lbs

“Ownernya…. Dapat ini motor dari Tukang Ojek Breeehh!!!” kata Rojak.

“Betul sich sekarang lebih sering terlihat di pakai oleh tukang ojek, terutama di pedesaan”, Balas Mimin.

Bisa jadi karna torsinya yang besar jadi cocok buat melintasi jalan Makadam, apalagi di jamannya dulu. Suzuki GP 125 ini sering ikut serta dalam ajang balapan grasstrack. Tapi di negara-negara Eropa Contohnya Inggris yang menerapkan hukum 16 tahunan. Suzuki GP 125 mengalami pemangkasan power jadi 11-12 HP saja. Suzuki GP 125 ini tersedia dalam pilihan velg Cast Wheel dan Spoke Wheel pada saat itu. Demam sepeda motor klasik khususnya motor 2 Tak kembali mewabah yang tentunya berimbas pada kendaraan tersebut menjadi naik harganya. Suzuki GP 12 untuk saat ini di pasaran jual beli online dikisaran harga 3 jutaan hingga 15 jutaan. Apalagi yang mint condition bisa ndak jelas harganya, asal suka sama suka bayar. kagak pake banyak cincong kayak emak-emak di pasar nawar cabe dach.

“Beruntung kali kau ini Jak…. Dapat kasih coba motor baru” Sela Tigor.

“Yaaa…. Kebetulan semalem juga ada Yamaha RX 125 Engkel, hanya sekedar ikutan uji coba aja” Balas Rojak.

“Baaahh!!!!…. Kau ini Alay betul rupanya, udah tau itu jalan umum. Masih juga kau pake buat test motor”, Sahut Tigor.

“Yaa….. Bijimane??? Kagak Ada Fasilitas buat uji coba, kalo ada sirkuit ya jelas maennya di sirkuit”. Jawab Rojak Kembali.

“Yaaa…. Mau cem mana lagi???…. Negara Kita, khususnya Pemerintah masih kurang tanggap…. Hobi balap masih dianggap hobi mahal dan buang-buang duit. Padahal dari jaman kemerdekaan dulu itu, sudah ada pembalap dari negara kita yang mengharumkan nama Indonesia. Itu pun juga tak dihiraukan jasanya hingga saat ini”. Kata Tigor panjang lebar.

Senja telah menyisakan jingga, sudah saatnya kita semua balik ke rumah masing-masing sejenak sebelum berkumpul kembali malam minggu ini, biasaaa……. Apalagi kalo bukan kopdar ke taman kota liat yang bening-bening. Terima kasih.

Jangan Lupa Bahagia.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*