Perjalanan Motor Dual Purpose 2 Stroke Yamaha YT 115 Di Indonesia

Malam temaram bertabur bintang Kerlap kerlip menghiasi angkasa. Tigor dan Rojak sedang asiek nongkrong di warungnya Bu Painem. Obrolan mulai seputar otomotif hingga soal pilpres jadi bahan pembicaraan seisi warung. Rojak yang tangannya sudah gatal ingin betot gas motor semi Trail ini, segera cabut dari warung meninggalkan Tigor yang sedang asiek bercengkrama dengan beberapa orang penghuni warung tersebut.
“Gor…. Gue jalan duluan ya, gatel nie tangan pengen nyobain ini motor” kata Rojak kepada Tigor.
“Eehhh!!!!…. Kau hati-hati bawanya, itu motor boleh pinjam. Jadi jangan kau rusak” balas Tigor pada Rojak.
“Udah tenang aja Gor, mbah Google malah ngebolehin ini motor buat maen trabasan” ucap Rojak kembali dengan enteng.
“Suka-suka kaulah, kalo rusak…. Tak bakal aku ikut bantu perbaiki” jawab Tigor.
“Ya Udah Gor…. Gua Cabut dulu ya, assalamu’alaikum” balas Rojak kembali.
“Wa’alaikumsalam…. Hati-hati kau Di jalan Jak” balas Tigor.

Rojak segera memacu kendaraan hasil pinjaman dari mbah Google ini, sebuah sepeda motor 2Tak dengan kapasitas mesin sebesar 115cc berlogo garpu tala. Yapzz…. Yamaha YT 115 merupakan sepeda motor yang sukses dipinjam oleh Rojak dari Kang Larry dan Kang Sergey alias mbah Google.
Entah kapan sejak kapan pertama kalinya motor ini diperkenalkan di Indonesia, namun dari beberapa sumber sepertinya tahun 1988 sudah muncul Yamaha YT115 ini. Dari bentuk luarnya, sepintas orang tidak akan tau akan keberadaan motor ini. Keseluruhan bentuk motor ini sama seperti sama persis dengan Yamaha RX-Special. Yang membedakan antara Yamaha YT 115 ini dengan Yamaha RX-Special ada pada tampilan luarnya dimana Yamaha YT 115 memakai shock depan yang labih panjang serta spakbor tinggi khas motor trail. Selain itu, stripping dan emblemnya juga jelas menunjukkan motor ini adalah Yamaha YT 115 dari tulisannya.

Untuk melanjutkan kiprah Yamaha DT yang sudah lebih dulu mengaspal, Yamaha mengeluarkan salah satu motor trail dengan masa produksi yang cukup lama di Indonesia dengan nama Yamaha YT 115. Yamaha YT 115 ini juga dijual sampai ke wilayah Amerika Latin seperti Venezuela.
Motor ini dijual sampai tahun 2004 namun ada yang bilang sampai tahun 2007, Yamaha Indonesia masih membuat motor ini terutama untuk pesanan instansi Pemerintahan atau lebih tepatnya pesanan dari Instansi TNI dan Dinas Kehutanan sebagai kendaraan operasional. Bahkan motor ini sampai jadi motor operasional sewaktu tanggap bencana tsunami Aceh 2004 silam. Selain itu, motor ini juga kebanyakan dipakai di wilayah perkebunan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Dengan berat yang ringan dan mesin yang jauh lebih besar dan bertenaga dibandingkan kompetitornya seperti Honda Win yang bisa satu kategori sebagai motor semi trail, tidak serta merta membuat motor ini laris dipasaran. Untuk Yamaha YT 115 yang berada ditangan masyarakat umum jumlahnya sangat sedikit.

Walau terbilang langka, namun sparepart dari Yamaha YT 115 ini lumayan banyak persamaannya dengan Yamaha RXS/RX-Special. Ini mungkin menjadi kelebihan motor ini selain tenaganya yang besar dan jelas populasinya pun juga minim. Namun karena Yamaha mendesain YT 115 sebagai motor trail, tentunya diperlukan part yang dirancang lebih kuat dan sedikit perbedaan yang mengakibatkan beberapa part khusus Yamaha YT 115 mahal. Misalnya saja pada arm belakang Yamaha YT 115 ini, Yamaha menambahkan semacam plat tambahan di lengan ayun belakang yang otomatis membuat kontruksi rangka lebih kuat dibandingkan Yamaha RXS dan RX King.

berhubung kurang puas, akhirnya Rojak menempuh jalur lain yang sangat jarang dilalui orang, kondisi medan jalan yang tak layak. Membuat sebagian orang enggan melewati jalan tersebut, Tapi tidak bagi Rojak….. Nyali nya makin tertantang untuk melibas jalan tersebut. Benar saja, tatkala memasuki jalan tersebut Rojak malah makin beringas memacu kendaraannya. Saat melewati sebuah pohon Kepuh Tua, tiba-tiba motor yang dikendarai Rojak menjadi berat. Tercium semilir bau khas, Waaahh!!!! Sial, ada yang nebeng nie…. batin Rojak berkata demikian. Toleh ke spion kanan kiri ternyata aman ndak ada yang ikut bonceng, aman kata rojak dalam hati. Tapi tarikan motor masih saja terasa berat dan lemot. Padahal Mesin 1 silinder 2 Langkah dengan kapasitas murni 113cc dan hanya mengandalkan pendingin udara ini harusnya bandel dan cocok digunakan untuk melewati jalanan yang jelek karena pemilihan ban sudah sesuai medannya dan torsinya yang cukup besar.

Tenaga maksimum yang bisa diraih dari mesin Yamaha YT 115 disupport dengan karburator Mikuni vm22 ini adalah 15,3Hp pada 8500Rpm dan torsi maksimum 13,2Nm pada 8000Rpm. Dengan berat hanya 95 Kg, tentunya akan membuat motor ini terasa begitu bertenaga menerabas jalanan yang  kurang bagus. Untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang digunakan transmisi manual 5 percepatan tipe koling basah. Tentu akan sangat mudah melibas jalanan seperti ini, asalkan Skill/keahlian pengendaranya juga mumpuni. Rojak pun semakin cepat memacu kendaraannya dan fokus liat ke jalan yang ada didepannya. Sedangkan untuk urusan fitur yang ada di motor jaman 90an jangan terlalu banyak berharap. Konsol depan motor 2 Stroke ini hanya terdapat speedometer yang tertulis angka sampai 140km/jam dan jika mesin dalam keadaan benar-benar sehat maka mampu dipacu hingga 140km/jam sesuai angka yang tertera, odometer, indikator oli samping, indikator sein kanan dan kiri yang terpisah, indikator gigi netral dan indikator hi beam serta tempat kunci kontak dibagian kanan speedometer. Motor dengan pengapian CDI serta kelistrikan 12V ini hanya menyediakan kick stater untuk menyalakan motor. Roda depan berukuran 19 inch sementara bagian belakangnya 18 inch dengan velg jari-jari serta rem teromol di depan dan belakang. Tangki BBM motor ini sanggup menampung bensin sebanyak 9 liter sementara tangki oli samping muat 1,2 liter. Masih kurang lengkap???…. nie Gua kasih Spesifikasinya…. Gue mau cabut secepatnya dari tempat ini makin merinding :

Spesifikasi Yamaha YT 115
Jenis Sport Tourer
Tipe RX-R/RX-Special/YT 115
Mesin Single Cylinder, 115cc, Two Stroke
Bore X Stroke 54 x 50 mm
Sistem Bahan Bakar Karburator Mikuni  Mikuni VM 22 SC
Kompresi 7.2 : 1
Transmisi Manual clutch 5 Speed
Max Power 15.5 HP @8,500 Rpm.
Max Torque 13,2Nm @ 8000 Rpm
Lubrication Autolube
Fuel tank capacity 9.0 Liter
Oil tank capacity 1,2 Liter
Pengapian CDI
Berat Kosong 95 KG
Battery/accu  12 Volt
Panjang X Lebar X Tinggi 1950 x 745 x 1035 mm
Tinggi jok 780 mm
Wheelbase 1.240mm
Ground Clereance
SuspensiDepan & Belakang Telescopic (depan)
swingarm, double shockbreaker (Belakang)
Rem depan & Belakang Drum Brake / Tromol

Dengan bersusah payah, akhirnya Rojak bisa keluar dari jalan tersebut dan mendadak motor menjadi enteng kembali. Duuuhh!!!… Untung aja kagak sampe nongol, ndak lagi-lagi dah lewat jalan itu bikin sport jantung aja. Untungnya ini motor mumpuni buat ngelewatin jalan tadi….. Oceh Rojak sambil memacu kendaraannya menuju pulang. Rojak kembali melanjutkan ocehannya untuk mengurangi rasa takutnya. Yamaha YT115 ini sangat jarang banget bagi warga sipil yang memiliki, kisaran harganya saat ini diatas 9 jutaan. Tergantung kondisi mesin dan kelengkapan surat menyuratnya juga. Apalagi kalo belinya dari hasil lelang kendaraan dinas pegawai pemerintahan, tentunya untung-untungan. Bisa dapat lebih murah atau malah lebih mahal, tapi rata-rata bisa lebih murah dapatnya???……

 

NB:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*