Honda Tact Skutik 2 Stroke Idola Muda Mudi Jepang

Lagi demen-demennya bahas matic cc mungil 2 stroke dan kali ini kembali bahas matic mungil keluaran Honda. Sebelumnya udah bahas Honda Dio ama Suzuki AE50, kali ini mau ngebahas lagi matic imut keluaran Honda dan yang jadi bahasan kali ini adalah Honda Tact 50 atau di belahan negara lain disebut dengan Honda Aero 50. “Min…. Tolong bikinin kopi lagi gih sono, biar si Tigor kagak ngantuk tuch.” lanjutku sembari meminta tolong pada Mimin yang sedari tadi ikut menyimak pembicaraanku yang sesekali itu anak sibuk memainkan jemarinya dilayar gawainya. ” Beres!!!…… Kopinya mau bikin berapa gelas??…. Kayaknya itu Pisang enak kalo digoreng Bang.” Sambung Mimin sembari menuju dapur.

“Ya….. Udah, bikin aja sono Min…. Jangan buat sendiri yak….. Bikinin buat kita semua” Balasku pada Mimin.

“Yooiiii….. Lae, kau itu jangan pelit ama Kawan….. Ingat pasal 34 Min” Sambung Tigor yang mulai tersadar dari kantuknya setelah mendengar ada pisang goreng.

“Banyak cakap kali abang Tigor ini…. Tidur sajalah Bang!!!….” Balas Mimin

Tawa kami pecah mendengar kelakar Mimin saat itu.

“Bang…. Seperti biasalah, kau ceritakan motor ini buat nambah wawasan aku sekalian wawasan pembaca dimari.” Ucap Tigor sambil memainkan games di gawainya.

“Nantilah….. Kita tunggu Mimin sekalian, kasian dia ketinggalan berita.”

“Terserah kau lah….. aku ngikut saja, lebih baik aku maen game dulu sambil tahan lapar nunggu Mimin.”

“Yaaak!!!!! Elaaah….. Ngambek, kayak kambing lupa dikasih Makan” celetuk ku

kami pun tenggelam dalam kesibukan masing-masing sembari menanti Mimin membawakan kopi dan sepiring pisang goreng. Tanpa terasa Hidangan pun datang

“Akhirnya!!!!…. sudah tak kuat ini cacing dalam perut aku” ucap Tigor sambil meraih pisang goreng yg masih panas.

“Naaah….. Ini baru bisa lancar ceritanya Min, Ya Udah….. aku ceritain tentang Honda Tact 50 atau kalo di negara lain disebutnya aero 50. Di negara asalnya Jepang sana, kebutuhan akan sepeda motor ringan dan handal untuk menunjang keperluan keluarga diu masa itu sedang sangat dibutuhkan. maka pada tanggal 4 september 1980 lahirlah Honda Tact yang mana negara eropa tahun 1985 dan amerika sudah lebih dulu hadir di tahun 1983an. Hanya bisa dikendarai untuk satu orang saja, seperti umumnya skutik 50 cc, selain itu cocok digunakan untuk pria dan wanita

“kayak iklan ramuan herbal aja kau ini bro” Potong Tigor saat aku sedang menjelaskan

“haiyaaah…… Sabar dulu bambang…. kasih aku selesai jelasin dulu.”

tuuch!!!… Lupa dach, Oiyaaa!!!!…. Honda Tact 50 ini tersedia dalam 2 tipe pertama dengan elektrik starter dan versi hematnya tanpa elektrik starter. diawal penujualannya mampu terjual hingga 15 ribu unit di Jepang saja dan di negara tersebut dijual dengan harga Tact DX (tipe Kick) 108.000 yen dan seri DX Tact 118.000 yen dengan elektrik starter. Bobotnya ringan hanya 49 kilogram saja

“Btw….. Bisa lari sampe berapa itu motor???” Mimin bertanya padaku.

“Urusan bawa kebut….. Honda Tact 50 ini hanya mampu melaju di 60 km/jam, tapi bensinnya lumayan irit….. untuk kommuter bisa dpt 70an km/liter kalo bawanya konstan ngebut dapetnya 30 km/liter.”

“Lari segitu termasuk kencanglah…. isi tangki berapa liter itu???” Tanya Mimin.

“Kapasitas tangki 3 liter dan oli sampingnya misah, jadi ndak perlu maen campur oli di tangki bahan bakar.”

“Kalo segitu kencangnya…. Spesifikasi mesin seperti apa itu??” Kali ini giliran Tigor yang bertanya.

“Berbekal mesin 50 cc 2 langkah mampu memuntahkan daya kuda sebesar 3,6 Hp pada 6.000 RPM. Honda Tact 2 Stroke telah diterima secara luas sebagai kendaraan era baru. sejak diluncurkan pada akhir Mei 1982 HYonda Tact 50 telah laku terjual sebanyak 260.000 unit dengan prosentase 64% pengguna pria dan 36% pengguna wanita dan usia rata-rata penggunanya adalah kisaran umur 20 tahun. Kemudian pada tanggal 23 September tahuin 1982 sebagai yang lebih modis dan sporty. seri ini biasa disebut dengan Honda Tact “Full Mark Custom“, seri Honda Tact Full Mark Custom ini dipersenjatai dengan mesin 4.0 hp baru yang sangat efisien, bertenaga, yang semakin meningkatkan ekonomi dan kinerja akselerasi. Selain itu, peningkatan efisiensi bahan bakar dan desain gesekan rendah (resistansi) menyeluruh menghasilkan konsumsi bahan bakar rendah 100 liter (30 km / jam nilai tes penggerak darat konstan). Bodi yang lebih ringan (dengan bobot kering 49kg Tact DX cell) dan V-matic dengan sensor torsi yang secara otomatis bergeser dengan sangat halus dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi memudahkan wanita untuk menanganinya.

Pada tanggal 16 Maret Tahun 1983 dirilis Honda Tact yang dirancang oleh perancang busana Paris “Andre Courreges” Crazy Tact ini merupakan desain yang lucu dan elegan yang disukai oleh wanita yang dirancang oleh André Craige dan yang unik dari sepeda motor ini memiliki desain garis warna dasar pink dengan dasaran warna putih sebagai backgroundnya. Edisi terbatas hanya dijual sebanyak 10 ribu unit saja dengan harga 133,000 yen dan untuk edisi Full mark dijual dengan harga 143,000 yen. Pada saat yang sama dirilis helm khusus Crazy Design. Selain itu output mesin telah ditingkatkan yang awalnya 5.0PS / 6.000 rpm menjadi  5.4PS / 6.500 rpm. selain putih mutiara dan pInk tesedia juga warna putih mutiara dan biru. di seri ini sudah hadir dalam electrik starter dan kick starter untuk menyalakan sepeda motor ini.

Selanjutnya hadir pula Honda Tact full Mark S memiliki kursi besar yang nyaman untuk diduduki dan tersedia tempat belanjaan didepan yang mampu dilipat. Selain itu, joknya berwarna senada dengan bodi motor yang berwarna putih lalu velg nya pun juga dicat putih.

Pada Tahun 1986 tepatnya pada tanggal 2 April, dirilislah Honda Tact Ivy, yang dilengkapi dengan mesin 4 Tak berpendingin udara yang mampu menghasilkan daya kuda sebesar 4,1HP. Gaya elegan dan sporty, dengan fender depan terintegrasi dengan tubuh. Ada tiga jenis warna tubuh: putih pekat dipadukan dengan biru, dan Putih pekat dipadukan dengan merah, serta jok dan interior berwarna senada. Mesin ini menggunakan mesin tipe long-stroke diameter Bore X Stroke berukuran 35.8mm x 49.5mm yang menunjukkan tenaga yang kuat pada kecepatan sedang hingga rendah. Penggunaan karburator tipe VC dan transmisi V-matic dengan sensor torsi mampu mewujudkan pengemudian yang halus dan bertenaga. Selain itu, sepeda motor ini mampu mencapai penghematan bahan bakar 100,4 km / L dilakukan pengetesan dengan berjalan secara konstan di kecepatan 30 km / jam. Hasilnya, seri Honda Tact kini tersedia dalam tiga model dan lima tipe, selain tipe yang dilengkapi mesin dua Langkah konvensional, untuk memenuhi kebutuhan berbagai pelanggan.

Berikutnya pada tanggal 30 januari tahun 1987 Honda Tact Full Mark 2 Tak ini hadir dengan seri “Met In” yang mana kapasitas bagasinya mampu menyimpan helm fullface. Area Dashboard  atau bagian tengah memilik ruang yang nyaman untuk menyimpan barang-barang kecil, dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang cukup. Tangki bahan bakar berkapasitas besar (4,6L) juga terletak di belakang kursi. Mesinnya mampu menyalurkan output maksimum sebesar  5.8PS pada 6.500rpm. ntuk suspensi, suspensi trailing link (dilengkapi dengan peredam hidrolik di kiri dan kanan) untuk roda depan dan suspensi unit swing (dilengkapi dengan peredam hidrolik) untuk roda belakang memberikan pengendaraan yang nyaman. Selain itu, lampu mengadopsi twin-focus headlight (35 / 30W) dengan bohlam baru bawaan yang diisi dengan gas krypton bertekanan, yang semakin memperluas jangkauan iradiasi.

Selanjutnya pada tahun 1989 tanggal 24 maret Honda Tact kembali mengalami perubahan terutama pada area penyimpanan yang mampu menampung sebanyak 22 Liter. Tangki bahan bakar pun meningkat dari yang sebelumnya 4,6 liter menjadi 4,8 liter lalu output maksimum ditingkatkan menjadi 6,0 PS pada 6.500 rpm.

 

Bersambung……….

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*