30/09/2022

Duatak.com – Panas…. Alex Rins yang terjatuh di Motogp beberapa waktu yang lalu mengecam para penjaga balapan MotoGP sebagai tidak cukup baik dalam menyerukan perubahan setelah tabrakan di Tikungan 1 dengan Takaaki Nakagami di Grand Prix Catalan.

Pebalap Suzuki itu mengalami patah pergelangan tangan setelah Nakagami dari LCR Honda jatuh di Tikungan 1 pada lap pembukaan dan membuat pebalap Ducati Francesco Bagnaia dan Rins terpeleset.

Rins diluncurkan ke udara dan mendarat dengan keras, sementara Nakagami akan tetap tinggal semalaman setelah memukul roda belakang Bagnaia dengan wajahnya.

Ini adalah tabrakan kedua berturut-turut antara Rins dan Nakagami, yang dicap sebagai “salah satu pembalap paling berbahaya” oleh pria Suzuki itu setelah bentrokan di Mugello satu minggu lalu.

Tidak ada penalti yang diberikan kepada Nakagami pada kesempatan itu, sementara steward menganggap shunt Catalunya sebagai insiden balapan dan tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

Hal ini membuat Rins marah, yang meminta agar panel stewards diubah.

“Yah, sejujurnya, pertama-tama aku berharap Taka baik-baik saja karena aku melihatnya di rumah sakit dengan wajah [terlihat] sangat buruk,” Rins memulai.

“Tapi, dia tidak bisa pergi seperti ini, dia tidak bisa mengendarai seperti ini. Anda tidak pernah ingin lawan cedera, tapi dia melewati batas dalam aksi itu.

“Ini adalah hal pertama yang ingin saya katakan. Tapi yang kedua ini tidak bisa diterima.

“Maksud saya, kita tidak bisa pergi seperti ini, Race Direction, para penjaga trek tidak mengerti apa yang mereka katakan dengan mengatakan ‘tidak ada tindakan lebih lanjut’ yang akan terjadi dalam balapan.

“Tapi ini gila, tapi yang pasti hari ini mereka mendemonstrasikan hari ini di TV bahwa para steward tidak berada di level MotoGP.

“Pada akhirnya, sepedanya menyentuh saya dan saya terbang dengan sangat buruk. Saya pikir pergelangan tangan kiri saya patah.

“Aku akan pergi sekarang ke Rumah Sakit Dexeus untuk memeriksanya. Tapi kelihatannya buruk karena saya tidak bisa tidak memindahkannya lebih dari ini [sedikit].

“Jadi, saya sangat sedih atas keputusan yang mereka ambil. Kami memiliki kecepatan yang luar biasa hari ini, tapi…”

Rins menambahkan: “Yang pasti saya cedera sekarang, oke kami balapan dengan kecepatan 350km/jam, ini bukan permainan.

“Seperti yang saya katakan, mereka tidak berada di level yang sama. Hanya ini yang bisa saya katakan, mereka menunjukkannya hari ini.

“Tidak ada tindakan lebih lanjut, pertama-tama Taka melintasi trek dengan sedikit agresif. Jika ada beberapa pengendara yang dekat dengannya pasti dia akan menyentuh mereka. Yang kedua adalah dia mengerem sangat terlambat dan dia kehilangan bagian depan, itu jelas.

“Dalam komisi keselamatan ini saya menunjukkan kepada semua pebalap dan Mike Webb, Race Director, aksi yang terjadi di Mugello.

“Beberapa pembalap mengatakan ‘ya, itu kesalahan Taka’, dan beberapa mengatakan ‘itu kesalahan Rins’.

“Tapi kemudian semua orang mulai berbicara tentang para pelayan. Yang pasti mereka tidak melakukan pekerjaan mereka dengan baik, itu jelas. Sudah jelas.”

Rins mengatakan dia akan memberi tekanan pada MotoGP untuk mengubah pelayannya, sementara mencap juara dunia 500cc ganda Freddie Spencer – yang mengepalai panel pelayan – sebagai “terlalu tua” untuk pekerjaan itu.

“Yang pasti saya akan memberikan tekanan untuk melakukannya,” tambahnya.

“Melupakan insiden di Mugello, hari ini saya cedera, satu pebalap mengambil kesempatan bagi saya untuk memperjuangkan kejuaraan – tetapi juga Pecco.

“Pecco ada di sana juga berjuang untuk kejuaraan, dan saya pikir tidak lagi tahun ini.

“Ketiganya ada di sana [di panel stewards], mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik. Itu sudah jelas.

“Dia [Spencer] menunjukkan bahwa dia terlalu tua untuk berada di sana. Beberapa anak muda [seharusnya memiliki peran], saya tidak tahu, orang yang balapan di era baru, seseorang yang sudah pensiun.”

Bos Suzuki Livio Suppo menggemakan komentar pengendaranya, mengecam keputusan untuk melabeli kecelakaan itu sebagai “insiden balap” sebagai “tidak dapat diterima”.

“Kami mengirim protes ke pramugari,” kata Suppo.

“Mereka memeriksa insiden itu, bagi mereka itu adalah insiden balap. Bagi saya itu tidak dapat diterima, menganggap hal seperti ini sebagai kecelakaan balapan.

“Saya pikir baik Alex maupun Pecco pantas tahu seberapa besar kesalahan yang telah dia lakukan, jelas itu adalah kesalahan.

“Sangat mudah untuk mengecek data posisi pengendara, berapa meter setelah titik pengereman yang biasa dia lakukan.

“Di atas ini dia benar-benar menyeberang dari kiri ke kanan. Jika Anda berbicara dengan Pol… Di TV sepertinya dia sangat dekat dengan Pol [Espargaro].

“Saya pikir [jika] race direction menganggap hal seperti ini sebagai kecelakaan normal, kami harus memikirkannya. Bagi kami itu tidak dapat diterima. Kesalahan bisa saja terjadi, tapi ini benar-benar besar.”

source info n pict by motorsport.com

1 thought on “Alex Rins mengecam Penjaga Motogp yang Amatir setelah dia Kecelakaan

Leave a Reply

%d bloggers like this: