30/09/2022

FIM, IRTA, MSMA dan Dorna Sports dapat mengumumkan Format Olahraga baru yang akan diperkenalkan untuk Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ mulai tahun 2023

FIM, IRTA, MSMA, dan Dorna Sports sekarang dapat mengumumkan Format Olahraga baru yang akan diperkenalkan untuk Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ mulai tahun 2023. Balapan sprint akan diperkenalkan di semua Grand Prix, menciptakan program penuh aksi yang menarik untuk para penggemar di setiap hari di akhir pekan balapan MotoGP™ dan mempertahankan format yang konsisten di seluruh kalender.

Balapan sprint akan berlangsung pada pukul 15:00 pada hari Sabtu setiap Grand Prix dan kira-kira 50% dari jarak balapan penuh. Perlombaan Sprint akan memiliki prosedur grid 15 menit, dan aturan olahraga akan sama dengan balapan Grand Prix full-length pada hari Minggu.

Dalam balapan Sprint, poin akan diberikan sebagai berikut:

  • Posisi 1: 12
  • Posisi ke-2: 9
  • Posisi ke-3: 7
  • Posisi ke-4: 6
  • Posisi ke-5: 5
  • Posisi ke-6: 4
  • Posisi ke-7: 3
  • Posisi ke-8: 2
  • Posisi ke-9: 1

Balapan sprint tidak akan menentukan grid untuk balapan Grand Prix. Pembalap harus bebas balapan pada hari Sabtu, tanpa perlu mempertimbangkan posisi grid hari Minggu mereka. Grid untuk balapan Sprint dan balapan Grand Prix akan ditetapkan dari kualifikasi, yang akan mempertahankan format Q1-Q2.

Pengenalan Sprint Races memungkinkan setiap hari di akhir pekan balapan untuk menawarkan kepada penggemar dan penyiar pengalaman terbaik di trek dan off, dengan aksi trek pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu difokuskan pada tontonan maksimum untuk memamerkan yang terbaik dari MotoGP ™. Selain itu, format baru ini akan memberikan peningkatan peluang keterlibatan bagi penggemar, penyiar, dan media di seluruh acara dan meningkatkan profil kelas MotoGP™ tanpa mengurangi kelas Moto2™ dan Moto3™.

Akhir pekan balapan 2023
Kelas MotoGP™ akan memiliki dua sesi latihan pada hari Jumat, yang akan berlangsung lebih lama. Timesheet gabungan dari sesi ini akan menentukan peserta langsung ke Q2, menjamin peningkatan signifikansi dan eksposur pada hari Jumat.

Pada Sabtu pagi, kelas MotoGP™ akan memiliki satu sesi Latihan Bebas 30 menit (mirip dengan FP4) diikuti oleh Q1 dan Q2 untuk kualifikasi. Sprint Race kemudian akan berlangsung pada pukul 15:00, menciptakan rangkaian aksi trek MotoGP™ yang luar biasa pada hari Sabtu.

Minggu akan tetap menjadi tontonan bagi penggemar dan penyiar, dengan balapan Moto3™, Moto2™ dan MotoGP™ Grand Prix. Targetnya juga akan menjadikan MotoGP™ sebagai balapan terakhir pada hari Minggu di setiap acara, memungkinkan untuk upacara podium yang lebih baik, perayaan di trek dan kemungkinan invasi trek penggemar di setiap tempat.

Sesi MotoGP™ akan menjadi yang terakhir dari setiap blok, yang selanjutnya menstandarisasi format balapan akhir pekan dan mempertahankan urutan yang sama di setiap acara. Moto3™ akan diikuti oleh Moto2™, diikuti oleh MotoGP™.

TERBARU

Leave a Reply

%d bloggers like this: